comscore

10 Sapi di Kota Bandung Suspek PMK

Roni Kurniawan - 23 Mei 2022 16:59 WIB
10 Sapi di Kota Bandung Suspek PMK
Ilustrasi Medcom.id
Bandung: Pemerintah Kota Bandung tengah memeriksa 10 hewan ternak sapi yang mengalami gejala klinis Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 10 sapi tersebut telah diambil darah untuk dilakukan uji laboratorium.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna, 10 ekor sapi terdapat dari salah satu peternakan di daerah Babakan Ciparay. Sapi tersebut pun kini dilakukan isolasi sambil menunggu hasil laboratorium.
"Tapi gejala klinisnya sudah ada kecurigaan, tapi sekarang kita sedang menunggu hasil labnya, apakah hewan itu positif atau tidak (PMK)," ujar Ema di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin, 23 Mei 2022.

Ema menuturkan, saat ini Pemkot Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) melakukan monitoring dan pengawasan ke seluruh peternakan. Bahkan peternak yang tidak memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) harus mengembalikan hewan tersebut ke daerah asal dan tidak boleh dijual.

Baca: Garut Tetapkan KLB Penyakit Mulut dan Kuku

"Kalau tidak (SKKH), mohon maaf dengan segala hormat mereka tidak boleh masuk kesini, sebelum mereka membawa SKKH itu. Untuk kedetailan kita sudah siapkan surat edaran untuk nanti menjadi bahan pegangan rekan-rekan camat dan lurah yang ada di wilayah," bebernya.

Ema menegaskan, pengawasan tersebut akan masif dilakukan terutama menjelang Iduladha pada Juli mendatang. Pasalnya, Bandung menjadi salah satu tujuan daerah bagi para penjual hewan kurban termasuk sapi.

"Kita juga yang tidak kalah penting bagaimana mengantisipasi untuk masyarakat yang suka berjualan dipinggir jalan, boleh asal syaratnya mereka saat ini sudah memegang surat SKKH," ungkapnya.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id