comscore

Kena Tipu Saat Adopsi Anak, Korban Bayar Rp30 Juta

MetroTV - 27 Juni 2022 12:39 WIB
Kena Tipu Saat Adopsi Anak, Korban Bayar Rp30 Juta
Kasus ini terkuak setelah pengadopsi bayi menunjukkan bukti-bukti pada Tim TRC UPT PPA. Metro TV
Makassar: Nama Tim Reaksi Cepat Unit Pelaksana Tugas Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak (TRC UPT PPA) Kota Makassar dicatut oknum aktivis untuk praktik jual bayi. Kasus ini terkuak setelah pengadopsi bayi menunjukkan bukti-bukti pada Tim TRC UPT PPA.

Bukti-bukti tersebut antara lain email atas nama Tim TRC UPT PPA Makassar yang dibuat pelaku, percakapan Whatsapp antara pelaku dan korban, serta bukti transfer korban kepada pelaku. Total uang disalurkan hingga mencapai Rp30 juta.
“Kami tiba-tiba didatangi seorang laki-laki yang merupakan korban dari penipuan atas nama TRC UPT PPA Makassar untuk adopsi anak. Kami kaget dengan bukti-bukti yang disampaikan,” ujar Ketua TRC UPT PPA Kota Makassar Makmur dalam program Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Senin, 27 Juni 2022.

Pihak Tim TRC UPT PPA Kota Makassar menyayangkan penipuan berkedok adopsi bayi ini. Terlebih pelaku merupakan ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) yang ada di Kabupaten Maros dan dikenal baik Tim TRC UPT PPA. 

Pihaknya berencana akan melayangkan somasi kepada oknum aktivis tersebut. Jika tidak segera merespons, TRC UPT PPA akan melapor ke Polda Sulawesi Selatan atas dugaan perdagangan manusia dan pencatutan nama.

“Kami akan melaporkan di Polda nantinya, karena Tim TRC UPT PPA tidak pernah melakukan hal-hal seperti itu. Pelayanan kami gratis,” tegas Makmur. 

Makmur mengimbau masyarakat Makassar untuk berhati-hati dalam mengadopsi bayi. Dia menyarankan pengadopsi untuk datang langsung ke kantor TRC UPT PPA Makassar.

Pengadopsi akan dibantu melengkapi administrasi tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun. “Kami akan sandingkan dengan dinas terkait dan pendamping, jika sudah setuju untuk mengadopsi,” kata Makmur. (Fatha Annisa)


(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id