comscore

Bangun Rumah Sehat, Ganjar Yakin Kesejahteraan Masyarakat Bisa Meningkat

Lukman Diah Sari - 30 Mei 2022 16:39 WIB
Bangun Rumah Sehat, Ganjar Yakin Kesejahteraan Masyarakat Bisa Meningkat
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (baju merah) meninjau Rumah Sehat Sejahtera. (Istimewa)
Cilacap: Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau pembangunan Rumah Sederhana Sehat untuk petani gula kelapa, di Desa Karangsari, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah. Pembangunan rumah itu diyakini bisa meningkatkan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan.

Rumah dibangun menggunakan teknologi Rumah Unggul Sistem Panel Instan (RUSPIN), dengan total biaya Rp35 juta per satu rumah. RUSPIN merupakan teknologi rangka rumah dengan sistem panel menggunakan sambungan baut, dapat dipasang cepat, dan biaya relatif murah.
"Perumahannya bagus-bagus. Jadi ada kerja sama warga membeli tanah 80 meter kurang lebih Rp35 juta, terus dari pemerintah memberikan bantuan satu rumah Rp35 juta. Mereka bisa berswadaya dan hasilnya bagus," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin, 30 Mei 2022.

Ganjar mengaku puas dengan hasil pembangunan RUSPIN. Dia optimistis kesejahteraan masyarakat bisa meningkat dengan program RUSPIN.

"Kalau saya lihat rumahnya bagus, maka kelayakan hidupnya bagus. Ini kalau disurvei, kesejahteraannya langsung meningkat tinggi sekali," ujar Ganjar.

Ganjar menerangkan program RUSPIN untuk warga yang kurang mampu akan terus dilakukan ke beberapa daerah di Jawa Tengah. Pemprov Jateng juga memberi upah tenaga padat karya untuk tiga orang tiap penerima selama enam hari sebesar Rp35 juta dan Rp1,8 juta.

Baca: Bangun Rumah Layak Huni, Ganjar Kedepankan Program Berbasis Komunitas

Total bantuan RUSPIN di Desa Karangsari yaitu 51 rumah dengan total Rp924,5 juta. Ditambah pembangunan satu unit musala dari Baznas Jateng senilai Rp475 juta.

Salah satu warga Desa Karangsari penerima bantuan RUSPIN, Mahmudi Subianto, mengungkapkan rasa syukurnya atas bantuan ini. Mahmudi berharap bantuan ini bisa diperluas sehingga banyak masyarakat sejahtera.

"Alhamdulillah dapat bantuan perumahan ini saya merasa terbantu. Semoga dengan bantuan seperti ini, bisa menyejahterakan masyarakat semua lah ya," tutur Mahmudi

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id