comscore

BPBD Sulteng Minta Mitigasi Bencana Tak Sekadar Sosialisasi

Antara - 17 Maret 2022 07:05 WIB
BPBD Sulteng Minta Mitigasi Bencana Tak Sekadar Sosialisasi
Warga berada di rumahnya yang terendam banjir di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (12/3/2022). Hujan disertai angin kencang yang melanda daerah tersebut mengakibatkan sejumlah rumah warga terendam banjir, pohon tumbang dan satu bangunan sekolah rusak. ANTARA
Palu: Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Tengah (Sulteng) Andy Sembiring menyatakan, mitigasi atau upaya mengurangi dampak akibat bencana yang terjadi jangan hanya dilakukan lewat sosialisasi, tapi perlu aksi nyata.

"Mitigasi yang dilakukan jangan hanya berupa sosialisasi atau workshop di dalam ruangan. Saat ini mitigasi di sebagian besar daerah di Sulteng masih lemah, karenanya perlu aksi yang dilakukan secara nyata," katanya, di Palu, Rabu, 17 Maret 2022.
Ia menyatakan, mitigasi yang penting dilakukan oleh pemerintah daerah utamanya oleh BPBD kabupaten dan kota dibantu oleh lembaga kemanusiaan non pemerintah atau non government organization (NGO) bersama masyarakat berupa praktik di lapangan.

Jika tidak seperti itu, ia yakin sampai kapan pun masyarakat tidak akan tahu bagaimana cara memitigasi diri dan orang-orang di sekitarnya dari ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Baca juga: Sejumlah Bangunan di Cianjur Rusak Terdampak Gempa Sukabumi

"Penanganan bencana tidak cukup dengan sosialisasi tetapi perlu dengan aksi," ujarnya.

Andi mengatakan, jika semua pihak dan masyarakat memiliki bekal mitigasi di lapangan, kapan pun bencana terjadi, masyarakat tidak panik dan siap menghadapi dengan bekal-bekal penanganan yang telah dimiliki sehingga dampak akibat bencana yang terjadi tidak signifikan dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Selain itu mitigasi yang dilakukan harus dilaksanakan secara komprehensif mulai dari hulu sampai ke hilir, bukan dilaksanakan seadanya.

"Saat ini mitigasi belum menjadi sesuatu yang sangat seksi untuk dilakukan. Harapannya ke depan semua pihak dapat sadar akan pentingnya mitigasi dan mempersiapkan diri dari ancaman bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi," tambahnya.


(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id