comscore

Dua Kabupaten/Kota di DIY Dipimpin Penjabat Sementara

Ahmad Mustaqim - 22 Mei 2022 14:33 WIB
Dua Kabupaten/Kota di DIY Dipimpin Penjabat Sementara
Besok, Wagub Jabar Kukuhkan Penjabat Bupati Bekasi
Yogyakarta: Dua kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yakni Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta dipimpin penjabat (Pj) sementara. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik dua orang penjabat itu di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta pada Minggu, 22 Mei 2022. 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta dijabat Sumadi, sementara penjabat Bupati Kulon Progo dipegang Tri Saktiyana.
Masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022 yakni pasangan Haryadi Suyuti dan Heroe Poerwadi serta Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo sisa masa jabatan 2017-2022 yakni Sutedjo dan Fajar Gegana, telah berakhir bulan ini. 

Adapun Sumadi, sehari-harinya menjabat sebagai Asisten Sekda DIY bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum. Sementara, Tri Saktiyana dalam kesehariannya merupakan Asisten Sekda DIY bidang Perekonomian dan Pembangunan. 

Sri Sultan mengatakan pengangkatan Pj Wali Kota Yogyakarta dan Pj Bupati Kulon Progo dilaksanakan mengantisipasi kekosongan kepemimpinan di dua daerah tersebut.

Baca juga: Besok, Wagub Jabar Kukuhkan Penjabat Bupati Bekasi

Adanya Pj, agar proses pengambilan keputusan penting tidak tertunda dan dapat terlaksana sesuai kewenangannya. Sultan menyebut kedua penjabat terpilih cukup mengenal peta sosio-kultual kemasyarakatan DIY, khususnya Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulon Progo. 

"Diharapkan, manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya akan selalu berbasis pada kepentingan masyakarat. Ditunjang koordinasi dan komunikasi yang baik dengan Pusat, Pemda DIY, dan seluruh jajaran di tempat tugas barunya, maka insyaallah, keduanya akan mampu menyelesaikan segala tugas yang sudah diembankan," ujarnya. 

Sultan berharap kedua penjabat mampu mendorong terciptanya output berupa daerah percontohan praktik reformasi birokrasi tematik pengentasan kemiskinan dengan outcome terwujudnya reformasi birokrasi tematik pengentasan kemiskinan.

Mengingat pada 2022, Pemerintah DIY, Pemerintah Kota Yogyakarta, dan Pemkab Kulon Progo, terlibat dalam pengentasan kemiskinan. Sultan juga menyampaikan terima kasih kepada kepala daerah yang sudah selesai masa jabatannya tersebut. 

“Dengan kondisi seperti itu, saya berharap, agar Penjabat Walikota dan Penjabat Bupati dengan didukung semua perangkat daerahnya, dapat segera menyukseskan agenda-agenda daerah yang sangat penting dalam waktu dekat ini," terangnya.

(MEL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id