comscore

Demo Tuntut Mimika Jadi Ibu Kota Papua Tengah Dikawal Ketat

MetroTV - 01 Juli 2022 10:22 WIB
Demo Tuntut Mimika Jadi Ibu Kota Papua Tengah Dikawal Ketat
Warga Papua Tengah demo pemekaran wilayah. Foto: Dok/Metro TV
Mimika: Unjuk rasa yang dilakukan di depan Gedung DPRD Papua dikawal ketat polisi dan TNI. Masa menuntut pemerintah segera menjadikan Mimika sebagai Ibu Kota Papua Tengah.

“Kita akan terus melakukan antisipasi-antisipasi apabila situasi mengalami peningkatan,” ujar Kapolres Mimika AKBP I Gede Putra dalam wawancara Metro TV pada Kamis, 30 Juni 2022.
AKBP I Gede Putra mengatakan, kepolisian juga akan menyiapkan tim-tim khusus yang selalu bersiaga memantau keadaan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya pihak-pihak yang menunggangi unjuk rasa.

Dalam unjuk rasa tersebut, warga memakai pakaian khas Papua. Beberapa perwakilan warga dari Kabupaten Puncak Jaya juga mendesak pemerintah agar menjadikan Timika sebagai Ibu Kota Papua Tengah. Dalam menyampaikan aspirasinya, warga sempat melakukan tarian daerah.

Pada Kamis, 30 Juni 2021, Komisi II DPR RI mengesahkan tiga Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru (RUU DOB) Papua. Dalam rangka pemekaran Papua, terbentuk tiga provinsi baru, yaitu Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Selatan, dan Provinsi Pegunungan Tengah. (Vania Augustine Dilia)

(MBM)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id