Warga Magelang Diminta Salat Idulfitri di Rumah

    Antara - 19 Mei 2020 10:44 WIB
    Warga Magelang Diminta Salat Idulfitri di Rumah
    Ilustrasi, pelaksanaan salat Idulfitri. (ANT/RAHMAD
    Magelang: Wali Kota Magelang, Jawa Tengah Sigit Widyonindito meminta warganya melaksanakan salat Idulfitri 1441 Hijriah di rumah masing-masing. Hal ini guna mencegah penyebaran covid-19 (korona) 

    "Warga untuk tidak melaksanakan shalat Idul Fitri berjamaah di masjid, lapangan, maupun tempat terbuka lainnya pada Idul Fitri 1441 Hijriah nanti," kata Sigit di Magelang, Selasa, 19 Mei 2020.

    Keputusan itu merujuk kepada ketentuan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Tengah. Imbauan berupa anjuran salat Idulfitri bersama keluarga di rumah masing-masing.

    Sigit mengaku harus mengambil keputusan tegas terkait dengan salat Idulfitri tahun ini tidak boleh dilakukan di tengah keramaian. Hal ini guna mendukung upaya bersama memutus mata rantai penyebaran virus.

    "Kalau pendapat MUI Jakarta, (umat Islam) yang bukan di zona merah boleh salat Idulfitri di masjid atau lapangan, sedangkan MUI Jateng tidak boleh. Sebagai pemimpin harus punya keputusan jelas, maka saya nyatakan di Kota Magelang patuh pada MUI Jateng, tidak ada salat Idulfitri di masjid maupun di lapangan terbuka," katanya.

    Ia menjelaskan bahwa keputusannya itu bertujuan mencegah makin luas penularan covid-19 di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan itu. "Sebab penularan virus bisa terjadi melalui interaksi antarmanusia maupun manusia dengan benda yang terpapar virus," ujarnya.




    (WHS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id