Personel Pengamanan Rapid Test di Jabar Digandakan

    P Aditya Prakasa - 24 Maret 2020 14:06 WIB
    Personel Pengamanan <i>Rapid Test</i> di Jabar Digandakan
    Ilustrasi. Medcom.id
    Bandung: Rapid test massal covid-19 (virus korona) akan dilakukan di dua stadion di Jawa Barat, pada Rabu, 25 Maret 2020. Yakni di Bogor dan Kabupaten Bandung.

    Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Kombes Erlangga Saptono menerangkan pihaknya bakal menggandakan personel pengamanan di lokasi rapid test di Kabupaten Bandung. Semula personel yang berjaga sekira 500 petugas. 

    "Karena untuk yang di Kabupaten Bandung sendiri kemungkinan sekitar 1.000 orang. Kita kurang lebih nanti pengamanan 50 persen dari yang akan hadir, kita gandakan," kata Erlangga, Selasa, 24 Maret 2020.

    Dia menyakini rapid test yang dilakukan bakal membuat keramaian masyarakat. Pihaknya pun telah melakukan rapat dengan dinas terkait soal pelaksaan rapid test tersebut.

    "Tentunya ada prosedur yang kita terapkan, misalkan jarak antrean dan sebagainya," ucap Erlangga.

    Baca: Rapid Test Diprioritaskan untuk Paramedis

    Dia memperkirakan jumlah masyarakat yang hadir bisa mencapai ribuan orang. Sehingga pihaknya akan menggandakan jumlah personel keamanan. 

    Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, tes massal menyasar tiga kategori yakni kategori A, B, dan C. Dua stadion telah dipersiapkan untuk pelaksanaan tes massal.

    Kategori A adalah masyarakat dengan risiko tertular tertinggi yakni orang yang berstatus dalam pemantauan (ODP). Seperti yang baru tiba dari luar negeri, pasien yang berada dalam pengawasan (PDP) serta keluarga, tetangga, serta petugas kesehatan di rumah sakit yang menangani covid-19.

    Kategori B ialah masyarakat dengan profesi yang kerap berinteraksi sosial dan rawan tertular. Sedangkan, kategori C ialah masyarakat luas yang bergejala sakit diduga covid-19. 

    "Dugaan itu merujuk keterangan dari fasilitas kesehatan bukan mendiagnosis diri sendiri," terang Ridwan Kamil.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id