Pasien Korona di Bandung Usai Perjalanan dari Jakarta

    ant, Roni Kurniawan - 17 Maret 2020 07:00 WIB
    Pasien Korona di Bandung Usai Perjalanan dari Jakarta
    Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Rita Verita. (ANTARA/HO-Humas Kota Bandung)
    Bandung: Pasien positif virus korona (covid-19) asal Kota Bandung, Jawa Barat, dipastikan tidak memiliki riwayat kontak dengan pihak keluarga.  Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Rita Verita, mengatakan pasien tersebut memilih langsung memeriksakan diri ke rumah sakit tanpa sempat pulang ke kediamannya di Kecamatan Babakan Ciparay, Kota Bandung, usai perjalanan dari Jakarta. 

    "Pasien tersebut langsung masuk ke salah satu rumah sakit rujukan di Kota Bandung tanpa singgah ke kediamannya," kata Rita, di Bandung, Senin, 16 Maret 2020, melansir Antara.

    Dia menerangkan data Pusat Informasi dan Koordinasi (Piskobar) covid-19 Jawa Barat menyantumkan data pasien tersebut berdasarkan domisili kependudukan. Pasien tersebut, lanjut dia, sebelumnya beraktivitas di Jakarta kemudian dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan di Kota Bandung.

    "Pasien itu dari Jakarta langsung dibawa ke rumah sakit rujukan. Kemudian langsung mendapatkan penanganan. Jadi tidak pernah ke Babakan Ciparay dulu," jelasnya,

    Rita menyampaikan kondisi pasien berangsur membaik. Pasien tersebut dinyatakan positif terjangkit korona sejak 14 Maret 2020.

    "Pasien itu sudah masuk rumah sakit rujukan sejak 4 Maret, " kata dia.

    PIhaknya tidak akan mengisolasi wilayah Babakan Ciparay. Selain itu interaksi pasien dengan keluarganya pun dibatasi. 

    Warga Bandung khususnya warga Babakan Ciparay diimbau tidak panik. Dia menegaskan pasien yang positif itu tidak sempat berada di Babakan Ciparay saat terjangkit korona.

    "Masyarakat diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi aktivitas di luar rumah apabila tidak terlalu penting," imbuhnya.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id