Reaktivasi Jalur KA Cianjur-Ciranjang-Cipatat Diresmikan

    Media Indonesia.com - 21 September 2020 11:08 WIB
    Reaktivasi Jalur KA Cianjur-Ciranjang-Cipatat Diresmikan
    Pekerja melakukan perawatan bantalan rel di Jembatan Kereta Api Cikubang, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. ANTARA/Raisan Al Farisi
    Cianjur: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meresmikan pengoperasian reaktivasi jalur kereta api (KA) Cianjur-Ciranjang-Cipatat, Senin, 21 September 2020. Jalur tersebut merupakan segmen kedua dari program reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang.

    "Harapannya ini dapat memperlancar konektivitas dan aksesibilitas masyarakat Bogor dan Sukabumi-Padalarang dan sekitarnya," ungkap Budi, Senin, 21 September 2020.

    Budi menjelaskan, reaktivasi ini dilakukan untuk mengurai kepadatan lalu lintas jalan raya di wilayah Jawa Barat bagian selatan. Terlebih, lanjut dia, lalu lintas dari Jakarta dan sekitarnya menuju wilayah Jawa Barat bagian selatan cukup tinggi hingga mengakibatkan kemacetan.

    "Untuk itu, Kemenhub telah dan sedang melaksanakan pembangunan jalur ganda kereta api lintas Bogor-Sukabumi sepanjang 57 km serta melakukan program reaktivasi jalur KA Cianjur-Padalarang," jelasnya.

    Budi menambahkan, reaktivasi jalur KA Ciranjang-Cipatat merupakan tindak lanjut dari reaktivasi segmen 1 Cianjur-Ciranjang yang telah dilaksanakan pada 2019. Pekerjaan segmen 2 Ciranjang-Cipatat yang telah diselesaikan di antaranya peningkatan jalur KA serta normalisasi badan jalan, dengan menggunakan anggaran sebesar Rp118,8 miliar yang berasal dari APBN 2019. 

    Selanjutnya, akan dilakukan pembangunan segmen terakhir atau segmen 3 Cipatat-Padalarang sepanjang 13.8 kilometer yang ditargetkan mulai pada 2022. Adapun target peningkatan untuk pengoperasian jalur kereta api ini adalah peningkatan kapasitas lintas dari yang semula 3 perjalanan KA menjadi 7 perjalanan KA. 

    Penambahan jumlah rangkaian kereta yang sebelumnya hanya terdapat lima rangkaian kereta bertambah menjadi 8 rangkaian. Selain itu, waktu tempuh KA Cipatat-Sukabumi atau sebaliknya adalah 2,5 jam atau sekitar 30 menit lebih cepat dari moda transportasi darat mobil atau bus.

    Baca: Kemenhub Bidik Pembangunan 10.524 Km Jalur KA Rampung 2030
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id