Kota Tegal Siapkan Rp27 Miliar untuk Penanganan Covid-19

    Kuntoro Tayubi - 05 April 2020 00:07 WIB
    Kota Tegal Siapkan Rp27 Miliar untuk Penanganan Covid-19
    Ilustrasi anggaran. Medcom.id/M Rizal
    Tegal: Pemerintah Kota Tegal menyiapkan anggaran sebesar Rp27 miliar untuk penanganan wabah virus korona (covid-19). Dana tersebut digunakan untuk pengananan warga terpapar virus dan penanggulan dampak karantina wilayah selama empat  bulan.

    "Banyak warga kehilangan mata pencaharian itu yang prioritas. Namun tenaga medis juga tidak kalah pentingnya, mereka  juga perlu diapresi dan dikasih tambahan honor," kata Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi, usai rapat koordinasi forum kordinasi pimpinan daerah (forkompida) di Tegal, Jawa Tengah, Sabtu, 4 April 2020.

    Karantina wilayah berlaku mulai 30 Maret hingga 30 Juli 2020. Anggaran tersebut di antaranya bakal dipakai sembako gratis bagi warga tidak mampu, honor tenaga medis, pedagang kecil atau PKL, dan warga rentan terdampak selama isolasi. Bantuan akan didistribusikan mulai pekan depan di 27 kelurahan dari empat kecamatan.

    "Mudah-mudahan paling lambat Senin pekan depan sudah mulai didistribusikan, dan ini gratis," kata Jumadi.

    Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga telah menggelar pasar murah untuk menstabilkan harga. Paket sembako dijual seharga Rp86 ribu dan Rp76 ribu.

    Sebelumnya, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, anggaran Rp27 miliar itu diambil dari dana tak terduga, pemangkasan anggaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan anggaran yang tersedia di Dinas Sosial.

    "Jadi anggaran untuk kepentingan kurang mendesak ditunda dulu. Yang penting Kota Tegal dampak korona bisa teratasi," katanya.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id