MAGHRIB 17:47

    Untuk Jakarta dan sekitarnya

    IMSAK 04:26
    SUBUH 04:36
    DZUHUR 11:53
    ASHAR 15:14
    ISYA 19:00

    Download Jadwal Imsakiyah

    Perusahaan Malaysia Sediakan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Makassar

    Gervin Nathaniel Purba - 27 Maret 2019 18:45 WIB
    Perusahaan Malaysia Sediakan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Makassar
    Suasana job fair di BLK Makassar. (Foto: Dok. Kemenaker)
    Makassar: Sebanyak 7.273 lowongan kerja ditawarkan pada job fair Indonesia Employment Business Meeting di Makassar. Acara ini  diselenggarakan oleh KJRI Kuching bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Job fair diisi 33 perusahaan asal Sarawak, Malaysia.

    Pelaksanaan job fair tersebut difasilitasi oleh Balai Latihan Kerja (BLK Makassar) pada 26 hingga 27 Maret 2019. Lowongan kerja yang disediakan mencakup tiga sektor industri, yakni sektor konstruksi, manufaktur, dan perkebunan kelapa sawit.
    "Kami mendukung job fair ini. Karena sektor manufaktur dan konstruksi pelatihannya ada di kami, minus kelapa sawit," kata Plt Kepala BLK Makassar As'adiya, dalam keterangan tertulis, Rabu, 27 Maret 2019.

    Ke depan, dia berharap pihak KJRI, BNP2TKI, dan pemda menyiapkan data dan informasi kebutuhan pasar kerja agar pihaknya dapat menyusun program pelatihan sesuai yang dibutuhkan perusahaan.

    Perusahaan Malaysia Sediakan Ribuan Lowongan Kerja di Job Fair Makassar
    (Foto: Dok. Kemenaker)

    "Kalau mereka bisa menyampaikan apa yang menjadi kebutuhan, kami bisa menyusun program pelatihan berdasarkan apa yang menjadi kebutuhan tersebut," kata As'adiya.

    Konsul Jenderal RI di Kuching Yonny Tri Prayitno menambahkan, job fair tersebut merupakan salah satu upaya untuk melindungi, sekaligus mempromosikan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Sarawak sesuai dengan prosedur, legal, dan bermartabat.

    "Ini juga merupakan upaya untuk mempertemukan supply and demand industri di Sarawak," kata Yonny.

    Dia menjelaskan, pihaknya telah membangun komunikasi kurang lebih dua bulan dengan perusahaan-perusahaan di Sarawak. Dari komunikasi tersebut, ditemukan sejumlah kebutuhan akan tenaga kerja di Sarawak.

    "Kami meminta juga untuk menyiapkan job ordernya, berapa kebutuhannya. Kemudian disampaikanlah kebutuhan 7.273 lowongan yang diminta pada 2019 ini," kata Yonny menjelaskan.

    Jika berjalan sesuai  target, job fair ini akan dijadikan pilot project untuk daerah lain. Dia menargetkan job fair kali ini mampu menyerap sedikitnya dua ribu tenaga kerja. "Nanti kita lihat dulu, di mana peminat terbanyak," ujarnya.



    (ROS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id