Warga Pesisir di Jatim Diimbau Waspada Banjir Rob

    Amaluddin - 26 November 2019 17:35 WIB
    Warga Pesisir di Jatim Diimbau Waspada Banjir Rob
    Ilustrasi--Warga melintas di jalan yang terendam rob (banjir pasang air laut) di Kampung Lere, Palu, Sulawesi Tengah. (Foto: ANTARA/Mohammad Hamzah)
    Surabaya: Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Suban Wahyudiono, mengimbau warga di daerah pesisir Jatim mewaspadai banjir rob. Banjir akibat fenomena pasang air laut diprediksi terjadi jelang puncak musim hujan pada Desember 2019.

    "Warga pesisir harus tetap waspada terhadap potensi bencana. Air laut biasanya naik karena diiringi intensitas hujan tinggi dan berpotensi meluap ke daratan," kata dia di Surabaya, Selasa, 26 November 2019.

    Wilayah pesisir di Jatim yang berpotensi banjir rob di antaranya, Kabupaten Malang, Trenggalek, Pacitan, Tulungagung, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Blitar, Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo. 

    Menurut Suban beberapa faktor penyebab banjir rob yakni kerusakan hutan bakau dan pendangkalan sungai. Ketika air laut pasang, genangan air tidak dapat surut dan meluap ke permukaan.

    "Sementara untuk melakukan pengerukan sungai, kami juga terkendala karena kewenangannya ada di pemerintah pusat. Sungai yang biasa meluap seperti Sungai Brantas, Bengawan Solo, dan Kali Lamong," katanya.

    Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), imbuh dia, curah hujan akan menguyur seluruh daerah di Jatim mulai Desember, dan puncaknya pada Januari 2020.




    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id