Polda Jabar Kaji Penyebab Sejumlah Kecelakaan Tol Cipali

    Ahmad Rofahan - 04 Desember 2019 19:40 WIB
    Polda Jabar Kaji Penyebab Sejumlah Kecelakaan Tol Cipali
    Sejumlah kendaraan memadati pintu gerbang tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2019). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.
    Cirebon: Polda Jawa Barat sedang melakukan pengkajian penyebab tingginya kasus kecelakaan di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Kapolda Jawa Barat, Irjen Rudy Sufahriadi, mengatakan akan fokus menganalisa pada beberapa kecelakaan yang menyebabkan banyak korban jiwa.

    "Sedang kita kaji, ada timnya. Apakah human error yang lebih banyak atau kondisi jalannya," kata Rudy di Cirebon, Rabu, 4 Desember 2019.

    Sementara Kabid Humas Polda Jabar, Kombes  Trunoyudo, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengevaluasi, sejumlah penyebab kecelakaan yang terjadi di Tol Cipali. Menurutnya banyak hal yang menjadi faktor utamanya, salah satunya adalah human error.

    Trunoyudo juga menyebutkan tidak adanya pembatas antara jalur A dan jalur B di Tol Cipali juga kerap menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

    "Kita sudah koordinasikan hal tersebut, kepada pengelola jalan tol," kata Truno.

    Berdasarkan hasil koordinasi pihaknya dengan pengelola Jalan Tol Cipali, pembatas jalur tersebut akan segera diterapkan. "Infonya akan segera diwujudkan, terkait pembatas jalan tol tersebut," ungkap Truno.

    Sejumlah kecelakaan kerap terjadi di Tol Cikopo - Palimanan. Kecelakaan yang terjadi juga, sering memakan korban yang cukup banyak.

    Pada Minggu 1 Desember 2019 kemarin, sebuah mini bus menabrak truk fuso pengangkut motor di Tol Cipali Subang. Akibatnya enam korban tewas dan satu luka berat.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id