Tiga Titik UKM di Jatim Dikembangkan

    Amaluddin - 27 Agustus 2019 13:23 WIB
    Tiga Titik UKM di Jatim Dikembangkan
    Wakil Ketua Umum Kadin Jatim, Dedy Suhayadi (batik hijau). (Medcom.id/Amal).
    Surabaya: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur akan mengembangkan ekonomi di tiga titik di Jatim. Yaitu di kawasan Pantai Utara (Pantura), Mataraman, dan Probolinggo.

    "Kami saat ini memetakan usaha kecil menengah (UKM) di setiap kecamatan di tiga titik yang jadi target pengembangan ekonomi itu," kata Wakil Ketua Umum Kadin Jatim, Dedy Suhayadi, saat jumpa pers di Pressroom Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa, 27 Agustus 2019.

    Dedy menyampaikan rencana pengembangan ekonomi di tiga titik di Jatim merupakan hasil kerja sama Pemerintah Pusat dengan Pemprov Jatim. Dia mengaku sudah menemui Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak, membicarakan rencana tersebut.

    "Kami minta dukungan Pak Wagub untuk melanjutkan surat edaran mantan Gubernur Jatim Soekarwo sebelumnya. Makanya dalam waktu dekat ini kami akan petakan UKM di setiap kecamatan. Nantinya Kadin Jatim akan memberi dukungan seperti pelatihan," ujarnya.

    Untuk titik pertama rencana pengembangan ekonomi adalah kawasan Pantura. Pemerintah berencana mengkoneksikan Suramadu dengan Lamongan melalui pembangunan tol baru yang menghubungkan dua wilayah itu.

    "Suramadu harus terhubung ke mana-mana. Ke Babat, Mojokerto, dan Pasuruan. Jadi, ekonomi bisa nyambung dengan infrastruktur baru," ujarnya.

    Titik kedua di Probolinggo, kini masih menunggu Tol Probolinggo-Banyuwangi. Pemerintah akan mengaitkan komunitas pertanian dan perkebunan yang bagus di Probolinggo dengan Malang Raya.

    "Wisata jadi lokomotifnya, sehingga UKM juga akan bergerak," katanya.

    Sedangkan titik pengembangan ekonomi ketiga di Mataraman meliputi Ngawi, Madiun, dan Magetan. Kadin Jatim akan mengondisikan pengusaha UKM di semua wilayah yang akan dikembangkan.



    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id