Warga Kristen di Gunungkidul Bantu Pemotongan Kurban

    Ahmad Mustaqim - 11 Agustus 2019 14:26 WIB
    Warga Kristen di Gunungkidul Bantu Pemotongan Kurban
    Suasana pemotongan daging kurban di halaman Musala Al Haadi Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
    Gunungkidul: Slamet Riyanto, 60, terlihat tak canggung memegang daging hasil penyembelihan hewan kurban di Musala Al Haadi Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lelaki beragama Kristen ini ikut membantu pembagian daging kurban dalam rangka perayaan hari raya Iduladha 1440 Hijriyah.

    Warga Dusun Jeruksari, Desa Wonosari itu sudah berada di halaman Musala Al Haadi sejak selesai salat Iduladha. Berkumpul dengan warga muslim, Slamet ikut mempersiapkan proses pemotongan hewan kurban.

    Ada sebanyak dua ekor sapi yang dipotong di halaman musala itu. Lelaki dan perempuan di dusun tersebut berbagi tugas. "Yang perempuan memasak untuk makan siang. Yang laki-laki memotong daging kurban," kata Slamet di sela pemotongan daging kurban.

    Pemotongan daging sapi itu dilakukan di halaman musala. Sapi kurban tersebut merupakan hasil iuran warga setempat. "Saya membaur dengan warga muslim memotong daging. Saya datang lebih awal membantu persiapan sebelum sapi disembelih," ujarnya.

    Ia menuturkan, ada lima kepala keluarga (KK) yang beragama Kristen di dusun itu. Menurut dia, mereka sudah sejak lama saling membantu dengan warga muslim.

    Slamet pun sudah menyiapkan sebilah pisau dari rumah untuk membantu pemotongan daging kurban. Baginya, sikap saling membantu harus dilakukan untuk bisa meringankan beban sesama.

    "Latar belakang agama berbeda tidak menjadi masalah di sini. Kami sudah lama saling membantu dengan warga lain," kata Slamet yang menjabat Ketua RT 02 ini.

    Ia menambahkan, saat hari raya Natal, warga muslim juga menyampaikan selamat kepada yang merayakan. Slamet menyatakan kerukunan antar umat beragama menjadi berkah.

    Panitia Kurban RT 02, Tukijan menuturkan warga tak lagi mempermasalahkan latar belakang kepercayaan dalam pembagian daging kurban. "Kami tak membedakan sikap sosial apapun latar belakang agamanya warga di sini," tuturnya.
     



    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id