Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia Solo Rendah

    Triawati Prihatsari - 28 April 2021 14:56 WIB
    Capaian Vaksinasi Covid-19 Lansia Solo Rendah
    Vaksinasi covid-19 untuk lansia di Jakarta Utara, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman



    Solo: Capaian program vaksinasi lansia di Kota Solo, Jawa Tengah, dinilai rendah. Jarak tempat tinggal menuju fasilitas kesehatan diklaim menjadi penyebab rendahnya capaian tersebut.


    "Setelah ditelusuri, katanya tempat tinggal mereka (lansia) dengan fasilitas kesehatan (faskes) penyelenggara vaksinasi jauh. Padahal kalau di Solo itu tidak jauh," papar Ketua Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Siti Wahyuningsih, Rabu, 28 April 2021.






    Ia mengatakan, jumlah lansia di Kota Solo tercatat sekitar 74 ribu orang. Untuk sementara, target lansia untuk divaksin sekitar 49 ribu orang. 

    Dari target tersebut, sampai saat ini yang telah mendapatkan vaksin sekitar 38 ribu lansia. Jumlah tersebut dinilai rendah karena target vaksinasi lansia di Kota Solo harus selesai pada Juli 2021.

    Baca juga: Jepara Disebut sebagai Pusat Peredaran Narkotika di Jateng

    "Kemarin dalam satu minggu datanya yang masuk hanya sekitar 2.000 lansia yang masuk. Kemudian saat saya cek lewat link, yang daftar dalam satu minggu hanya sekitar 700 orang lansia," imbuhnya.

    Terkait hal itu, pihaknya mendorong semua pihak agar vaksinasi lansia ini berjalan lancar. Ia juga meminta pada masing-masing Puskesmas sebagai faskes untuk melakukan pendataan ke masing-masing kelurahan. 

    "Dalam hal ini kita yang harus hadir. Harus kerja sama dengan semua pihak, kita data lewat kelurahan. Jadi kurang sekitar 11 ribu lansia yang belum tervaksin jika sesuai target. Tapi saya tidak mau sesuai target, mestinya 80 persen dari populasi lansia atau sekitar 60 ribu lansia," jelas dia.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id