Khofifah Minta Warga Waspada Lahar Panas Saat Hujan Deras

    Amaluddin - 01 Desember 2020 19:29 WIB
    Khofifah Minta Warga Waspada Lahar Panas Saat Hujan Deras
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Material setelah Gunung Semeru meletus sudah berhenti mengalir. Meski demikian Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengimbau masyarakat tetap waspada karena dikhawatirkan aliran lahar panas ikut turun saat hujan.

    "Mohon saling waspada utamanya jika terjadi hujan deras. Tolong tetap menjaga jarak aman, dan tetap menjaga protokol kesehatan," kata Khofifah, di Surabaya, Selasa, 1 Desember 2020.  

    Baca: Kabupaten Tangerang Belum Beri Izin Keramaian

    Khofifah menjelaskan informasi dari BPBD Jatim, aktifitas Gunung Semeru mengalami peningkatan pada pukul 01.23 WIB. Dari pantauan Pos Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang berada di Gunung Sawur, awan panas di Gunung Semeru mulai berguguran dengan jarak luncur 2.000 Meter ke arah Besuk Koboan.

    Kemudian dari data yang terekam di Sismograf, 20 milimeter lahar gempa sedang berlangsung. Kondisi tersebut semakin meningkat pada pukul 03.00 WIB, di mana keberadaannya sudah terjadi hujan bercampur abu awan panas, dan saat bersamaan letusan masih berlangsung dengan potensi lahar panas cukup kuat.

    "Maka itu, saya mengimbau agar masyarakat sekitar mewaspadai aliran lahar panas, utamanya bila terjadi hujan deras," jelasnya.

    Khofifah juga meminta kepada masyarakat Dusun Curah Koboan, Desa Supiturang dan Rowobaung, Desa Oro-oro Ombo Kecamatab Pronojiwo, dan Dusun Kajar Kuning Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, segera mengungsi. Sebab kata Khofifah, kondisi di sekitar Gunung Semeru berpotensi terjadi aliran lahar panas apabila turun hujan.

    "Bagi masyarakat yang beraktifitas sebagai penambang di aliran DAS Rejali, Besuk Semut dan Besuk Sat, juga agar segera menghentikan aktifitasnya. Kami harap untuk sementara mengungsi di Pos Gunung Sawur, SD Supiturang, dan masjid terdekat yang telah disiapkan," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id