Camat dan Lurah Kota Bogor Diminta Awasi Warganya Selama Ramadan

    Rizky Dewantara - 08 April 2021 18:22 WIB
    Camat dan Lurah Kota Bogor Diminta Awasi Warganya Selama Ramadan
    Ilustrasi buka bersama (Foto: Romeo Gacad /AFP)



    Bogor: Pemerintah Kota Bogor memerintahkan para camat dan lurah untuk memantau warganya selama pelaksanaan ibadah pada Ramadan. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan.

    "Polotensi terjadinya kerumunan sangat banyak saat Ramadan, seperti tradisi ngabuburit dan berjualan takjil. Hal tersebut agar dihindari dan kami minta peran camat dan lurah di wilayah masing-masing untuk aktif memantau warganya," ungkap Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim kepada medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Kamis, 8 April 2021.






    Dedie menjelaskan, Pemkot Bogor hanya meneruskan 11 tata cara atau panduan ibadah saat Ramadan dan Idulfitri yang diatur oleh Kementerian Agama. Tata cara itu tertuang dalam surat edaran Nomor SE 03/2021.

    "Setidaknya ada 11 poin yang diatur Kementerian Agama. Mulai dari ibadah sahur, salat, hingga ibadah lainnya," kata dia.

    Baca: SE Satgas Covid-19 Tegaskan Ada Sanksi untuk Pemudik 'Bandel'

    Lebih lanjut, dari 11 poin ada tiga poin penting terkait potensi kerumunan. Yakni, pembatasan tempat ibadah, lalu lintas umat sehingga untuk masjid hanya berlaku bagi jemaah sekitarnya dan tradisi Ramadan seperti takjil dan ngabuburit.

    "Jadi masyarakat diminta tidak boleh menimbulkan kerumunan. Termasuk ritual Ramadan seperti takjil, ngabubutit yang berpotensi menimbulkan kerumunan," jelasnya.

    Pihaknya meminta wilayah memonitor, terutama camat dan lurah. Selain itu memastikan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) koperatif sesuai dengan arahan Kementeriam Agama.

    "Untuk itu kita semua harus fokus dan antisipasi penyebaran virus covid-19. Meskipun saat ini kasus covid-19 terjadi penurunan, tetapi angka paparan kasus baru masih terjadi dan belum menunjukkan situasi aman," sebut dia.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id