Hilal Tak Tampak dari Yogyakarta

    Ahmad Mustaqim - 12 April 2021 18:36 WIB
    Hilal Tak Tampak dari Yogyakarta
    Sejumlah petugas BMKG saat melakukan pengamatan hilal di Bukit Syekh Bela Belu Kabupaten Bantul. Medcom.id/ Ahmad Mustakim



    Bantul: Proses pengamatan hilal di Bukit Syekh Bela Belu Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilakukan dengan tiga teropong. Hasilnya hilal tidak tampak oleh semua peserta.

    Ketua Badan Hisab Rukyat DIY, Muthoha Arkanuddin, mengatakan pengataman telah dilakukan berdasarkan waktu terbenamnya matahari. Proses pengaman dilakukan pukul 17.39 hingga 17.55 WIB.






    "Dari puluhan peserta, tidak ada yang berhasil melihat hilal," kata Muthoha di Bukit Syekh Bela Belu, Senin, 12 April 2021.

    Baca: Jelang Ramadan Penjualan Kurma di Solo Meningkat

    Ia menjelaskan posisi hilal tak tampak meski cuaca cukup cerah. Matahari menjelang sore masih tampak terik meski saat akan terbenam sudah tertutupi awan.

    "Posisi langit hari ini, saat matahari terbenam, terhalang awan yang tebal. Memang Yogyakarta ada yang menyebut daerah tak bisa melihat hilal. Tapi ini harus dibuktikan secara ilmiah," jelasnya.

    Menurutnya para peserta pengamatan hilal sudah mewakili berbagai kalanganm mulai dari organisasi kemasyarakatan, Pengadilan Agama, perguruan tinggi, hingga ahli astronomi.

    Ia menuturkan semua peserta pengamatan hilal hanya melihat awan tebal yang menutupi lokasi keberadaan hilal. Meski begitu, hasil pengamatan tetap dilaporkan ke Kementerian Agama.

    "Walaupun di sini tak bisa melihat (hilal), tapi (pengamatan di lokasi lain) ada laporan yang melihat. Ini jadi bahan sidang isbat di Kementerian Agama," ujarnya.
     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id