Klinik Aborsi Ilegal di Banten Dibongkar

    Hendrik Simorangkir - 03 November 2020 17:03 WIB
    Klinik Aborsi Ilegal di Banten Dibongkar
    Klinik aborsi di Desa Ciputri, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten digerebek Polda Banten. (Foto: Medcom.id/Hendrik)
    Tangerang: Seorang bidan berinisial NN, 53, dan asistennya E, 38, ditangkap Polda Banten lantaran membuka Klinik Sejahtera yang digunakan sebagai tempat aborsi ilegal di Desa Ciputri, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Banten. Seorang pasien, RY, 23, turut ditangkap lantaran kedapatan baru saja menggugurkan kandungannya di tempat tersebut.

    "Usia janin yang digugurkan sekitar satu bulan. Klinik ini sudah beroperasi sejak 2006," ujar Ditreskrimsus Polda Banten, Kombes Nunung Syaifudin, Selasa, 3 November 2020.

    Nunung mengatakan pengungkapan kasus berawal dari tertangkapnya RY yang baru saja menggugurkan kandungannya. Kemudian, oleh RY ditunjukan lokasi tempat menghilangkan janin tersebut.

    "RY mengaku habis aborsi. Anggota langsung menuju lokasi klinik, kemudian kita klarifikasi. Kita temukan juga gumpalan darah," katanya.

    Baca juga: PT KAI Ingatkan Penumpang Soal Penerapan Protokol Kesehatan

    Nunung menuturkan terdapat sekitar 100 janin yang sudah digugurkan di klinik itu sejak 2006 hingga kini.

    "Saat anggota kita datang ke lokasi, masih ditemukan gumpalan darah bekas aborsi. Menurut pengakuan bidan ada 100 lebih ibu hamil yang melakukan aborsi di sana," jelasnya.

    Nunung menambahkan pasien yang menggugurkan kandungan di klinik tersebut, harus merogoh kocek Rp2,5 juta untuk menghilangkan nyawa janinnya. Harga itu dipatok untuk usia janin dibawah tiga bulan. 

    "Peraturan di klinik tersebut tertulis jika janin berusia di atas tiga bulan, dibawa (pulang) orang tuanya. Sedangkan yang di bawah tiga bulan dibuang ke wastafel," tuturnya.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id