Aceh Diprediksi Dilanda Bencana Hidrometeorologi

    Fajri Fatmawati - 07 Januari 2021 21:51 WIB
    Aceh Diprediksi Dilanda Bencana Hidrometeorologi
    Banjir di Aceh Timur. (Foto: Istimewa)
    Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar memprediksi Aceh akan diguyur hujan hingga tiga hari ke depan. Hujan yang akan turun diprediksi mulai dari ringan hingga lebat.

    "Secara umum Aceh akan berpotensi hujan tiga hari ke depan, hujan ringan hingga sedang. Namun untuk beberapa wilayah hujan sedang hingga lebat," kata Koordinator Data dan Informasi BMKG Aceh Besar, Zakaria Ahmad, saat dikonfirmasi, Kamis, 7 Januari 2021.

    Baca: PSBB Ketat, Pemkot Tangsel Optimalkan 3T

    Zakaria menjelaskan sejak beberapa hari ini masih terdapat belokan angin atau shearline sehingga terjadi perlambatan pergerakan masa udara yang membuat penumpukan masa udara di sebagian wilayah Aceh.

    "Dengan demikian wilayah tersebut berpotensi terjadi angin kencang, kilat/petir dan hujan lebat pada Jumat, 8 Januari 2021, untuk dua sampai dengan tiga hari kedepan," jelasnya.

    Zakaria merinci beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat berdampak pada potensi bencana hidro meteorologi yang disebabkan oleh perubahan cuaca seperti banjir dan longsor.

    "Yakni, Kecamatan terangon dan Tripe Jaye, Kabupaten Gayo Lues; Kecamatan Kuala Batee, Babah Rot dan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya dan Kecamatan Beutong dan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Aceh," ungkap Zakaria.

    Pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir dan potensi longsor. "Kemudian juga pengendara kendaraan bermotor untuk berhati-hati pada jalur tersebut," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id