Tuai Kontroversi, Satpol PP Bogor Dievaluasi

    Antara - 06 Oktober 2020 20:53 WIB
    Tuai Kontroversi, Satpol PP Bogor Dievaluasi
    Bupati Bogor, Ade Yasin bersama Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor, Agus Ridhallah di Gunung Pancar, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (FOTO ANTARA/M Fikri Setiawan)
    Cibinong: Bupati Bogor, Ade Yasin, mengevaluasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor, lantaran kerap menuai kontroversi saat penertiban protokol kesehatan covid-19. Satpol PP Kabupaten Bogor dinilai menekankan tindakan represif.

    "Satpol PP Kabupaten Bogor dalam menegakkan aturan protokol kesehatan covid-19 jangan represif agar tidak muncul kesan negatif," kata Ade di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 6 Oktober 2020. 

    Dia meminta jajaran Satpol PP agar mengedepankan tindakan humanis dalam menegakkan protokol kesehatan. Khususnya bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker.

    Satpol PP Kabupaten Bogor tercatat beberapa kali menuai kontroversi saat menindak pelanggar aturan bermasker. Seperti memasukkan pelanggar ke mobil ambulans berisi keranda, menandu pelanggar ke pemakaman, dan terakhir memborgol pelanggar.

    Baca: 12 Hotel untuk Penanganan Covid-19 Mulai Diisi

    Selain dianggap tidak humanis, kata dia, berbagai tindakan itu tidak berdasarkan landasan hukum yang diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup) Bogor No 60 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar pra-adaptasi kebiasan baru (PSBB pra-AKB).

    Ia menjelaskan ada empat jenis sanksi bagi masyarakat yang melanggar aturan tersebut. Yaitu teguran lisan, kerja sosial membersihkan sarana fasilitas umum, sanksi sosial bersifat mendidik, dan sanksi denda senilai Rp100 ribu.

    Bupati menyarankan Satpol PP Kabupaten Bogor agar melibatkan sejumlah elemen masyarakat dalam menegakkan aturan PSBB pra-AKB dan protokol kesehatan.

    "Agar efektif, ajak dan libatkan masyarakat maupun ormas dalam melaksanakan sosialisasi, serta patroli dengan membentuk satgas khusus untuk mendampingi Satpol-PP," tukasnya.

    (LDS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id