Cuaca Menjadi Kendala Pencarian Korban Longsor di Sumedang

    Roni Kurniawan - 13 Januari 2021 10:29 WIB
    Cuaca Menjadi Kendala Pencarian Korban Longsor di Sumedang
    Petugas melakukan apel sebelum mencari korban longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu, 13 Januari 2021. Dokumentasi/ istimewa
    Bandung: Tim SAR gabungan masih terus berupaya untuk mencari korban yang diduga tertimbun longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Namun proses pencarian beberapa kali sempat dihentikan karena curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Bandung Raya.

    Kepala Kantor Basarnas Bandung, Deden Ridwansah, mengatakan curah hujan terutama di sekitar Cimanggung dalam beberapa hari terakhir cukup tinggi.

    "Kendala yang paling signifikan ditemukan oleh tim di lapangan yaitu cuaca yang tidak stabil dan curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan pergerakan tanah semakin besar yang menyebabkan potensi longsor susulan yang cukup tinggi," kata Deden dalam keterangan tertulis, Rabu, 13 Januari 2021.

    Baca: Pemkab Rajang Lebong Ajukan Raperda Covid-19

    Deden menjeleaskan meskip pihaknya telah menggunakan dua alat berat, namun proses pencarian tetap riskan jika dilanjutkan ketika hujan. Terlebih kontur tanah di wilayah tersebut sangat labil sehingga rawan terjadi longsor susulan.

    "Selain itu juga material longsor yang cukup tebal menyulitkan tim di lapangan untuk melakukan pencarian, namun begitu Tim SAR Gabungan tetap optimis dan semangat dapat memaksimalkan pekerjaan dan berharap agar korban satu persatu bisa ditemukan walau dalam keadaaan yang terbatas," jelasnya.

    Sementara hingga kini jumlah korban meninggal akibat longsor tersebut sebanyak 16 orang. Sedangkan korban yang selamat ada 25 orang, dan masih dalam proses pencarian 24 orang.

    Proses pencarian pun melibatkan beberapa unsur dengan jumlah personil saat ini 664 orang yang terdiri dari Basarnas, BPBD Prov Jabar dan Sumedang, PUPR, TNI/PO

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id