Anggota Satpol PP Penikam Polisi Divonis Empat Tahun

    Andi Aan Pranata - 30 Mei 2017 15:55 WIB
    Anggota Satpol PP Penikam Polisi Divonis Empat Tahun
    Sidang pembacaan vonis kasus pembunuhan polisi oleh anggota Satpol PP Makassar. (Metrotvnews.com/Aan Pranata)



    medcom.id, Makassar: Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, menjatuhkan vonis empat tahun penjara kepada Jusman, anggota Satuan Polisi Pamong Praja Pemkot Makassar. Jusman dianggap bersalah atas kasus penikaman yang berakibat tewasnya anggota Sabhara Polda Sulsel Bripda Michael Abraham Rieuwpassa, pada Agustus tahun lalu.

    Hukuman dibacakan ketua majelis hakim Cenning Budiana, pada sidang vonis di gedung PN Makassar, jalan RA Kartini, Selasa, 30 Mei 2017. Dalam keputusannya, hakim menyatakan hukuman sesuai dengan Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan.

     



    Baca: Bentrok Polisi dan Satpol PP di Makassar Diduga Masalah Pribadi

    "Terdakwa terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan tindakan pidana pembunuhan. Menjatuhkan hukuman empat tahun penjara dikurangi masa tahanan yang telah dijalani," bunyi keputusan yang dibacakan hakim.

    Hukuman ini lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum, lima tahun penjara. Penasihat hukum terdakwa, Abdul Aziz, menyatakan pikir-pikir untuk banding atas putusan tersebut.

    Terdakwa menikam korban Abraham, saat sekelompok oknum polisi menyerang Kantor Balai Kota Makassar di jalan Jenderal Ahmad Yani, 7 Agustus 2016 dini hari. Saat itu korban mengalami pendarahan hebat dan tak tertolong meski sempat dibawa ke rumah sakit.

    Adapun penyerangan kantor Balai Kota merupakan buntut bentrok oknum Satpol PP dengan oknum Polisi di Anjungan Pantai Losari, Jalan Penghibur Makassar, sore hari sebelumnya.

    Dalam persidangan, Jusman mengaku menikam korban karena terpaksa. Terdakwa menyebut dirinya dipukul dan menganiaya beberapa kali oleh sekelompok orang dengan benda tumpul. Saat dipukul, dia spontan menarik badik dan menikam.



    (SAN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id