comscore

Mengenal Budaya Sedekah Bumi Khas Berau

MetroTV - 11 Januari 2022 14:25 WIB
Mengenal Budaya Sedekah Bumi Khas Berau
Tradisi ini rutin digelar setiap awal tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil pertanian berlimpah. Metro TV
Berau: Warga Berau, Kalimantan Timur, bakal saling berebut gunungan sayur dan buah gratis dalam acara Sedekah Bumi digelar petani dan pedagang. Tradisi ini rutin digelar setiap awal tahun sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil pertanian berlimpah.

Sedakah Bumi di Berau selalu ramai dan dipenuhi sorakan di Pasar Senja dalam acara Sedekah Bumi yang dilaksanakan petani dan pedagang Pasar Senja Bebanir Bangun. Tidak hanya kalangan dewasa, anak-anak juga terlihat bersemangat mengikuti acara ini. 
Terdapat lima gunungan sayur dan buah setinggi lima meter yang berisi ratusan kilogram berbagai jenis sayur dan buah. Kelima gunungan tersebut ludes dalam sekejap. 

“Dua kali saya di sini, mendapat cukup banyak, ada sawi, kangkung, kacang panjang,“ ujar M Solihin, warga Tanjung Redeb, dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV pada Selasa, 11 Januari 2022. 

Sementara itu, warga yang hadir bahagia mendapatkan sayur secara gratis. Warga juga berharap agar kegiatan terus berlanjut pada tahun-tahun depan.

Selain menggelar gunungan Sedekah Bumi, pedagang dan petani juga menggelar kegiatan kesenian tradisional hingga malam hari. Kegiatan ini diharapkan dapat menghibur warga dan meramaikan acara tahunan ini. (Leres Anbara)

(SUR)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id