comscore

Tiga Lokasi di Sulut Masuk Kategori Desa Tertinggal

Antara - 23 Januari 2022 22:31 WIB
Tiga Lokasi di Sulut Masuk Kategori Desa Tertinggal
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Utara, Jemmy Kumendong. ANTARA/Karel A Polakitan
Manado: Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sulawesi Utara, Jemmy Kumendong, mengatakan ada tiga lokasi di daerahnya masuk kategori desa tertinggal.

"Dua desa ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan satu desa di Kabupaten Bolaang Mongondow," kata Jemmy di Manado, Minggu, 23 Januari 2022.
Baca: 36,19% Warga Mukomuko Sudah Divaksin Lengkap

Setelah desa tertinggal, tingkatan selanjutnya adalah desa berkembang, desa maju dan desa mandiri. Desa mandiri ini yang nantinya menjadi harapan besar bisa dicapai ketika dikucurkannya dana desa oleh pemerintah pusat.

"Pemerintah provinsi bersama-sama dengan DPRD akan melakukan kunjungan langsung ke tiga desa tersebut untuk melihat apa yang menjadi persoalannya," jelasnya.

Dia mengatakan indikator yang disematkan untuk desa tertinggal dapat dilihat dari indeks ketahanan sosial yang mencakup pendidikan, kesehatan, modal sosial dan dan permukiman.

Selanjutnya indeks ketahanan ekonomi yang dilihat dari keragaman produksi masyarakat, akses pusat perdagangan, akses logistik dan perbankan serta kredit.

"Paling penting juga adalah indeks ketahanan ekologi atau lingkungan, proporsinya sangat besar karena berkaitan dengan kualitas lingkungan, bencana alam, serta tanggap bencana desa," jelasnya.

Daerah yang berada di pesisir pantai, lanjut dia, memiliki kerentanan yang lebih besar masuk kategori desa tertinggal.

"Pemprov Sulut terus berusaha optimal dibantu pemangku kepentingan terkait agar desa-desa di daerah bisa masuk kategori desa mandiri," ujarnya.

 

(DEN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id