Fakta di Balik Keindahan Bali, Beberapa Desa Masih Kesulitan Air Bersih

    Adri Prima - 30 November 2021 23:19 WIB
    Fakta di Balik Keindahan Bali, Beberapa Desa Masih Kesulitan Air Bersih
    Kodam IX Udayana turun langsung bantu warga Bali yang kesulitan air bersih. (ist)



    Jakarta: Pulau Bali merupakan salah satu destinasi terfavorit bagi wisatawan asing maupun lokal. Namun siapa yang menyangka di balik keindahan Pulau Dewata, masih ada daerah yang masih kesulitan mendapatkan air bersih, salah satunya Desa Wanagiri di Kabupaten Buleleng, Bali. 

    Tokoh masyarakat Desa Wanagiri, Nyoman Widiada, mengatakan bahwa desanya sering kali mengalami krisis air bersih karena kesulitan akses. Nyoman menjelaskan bahwa desa yang berada di daerah pegunungan dengan ketinggian 1.200 meter dari permukaan laut itu harus memanfaatkan air dari Danau Buyan yang memiliki jarak yang cukup jauh dari desa mereka.

     



    Demi mendapatkan air bersih, mereka harus menarik air dari Danau Buyan. Warga desa secara mandiri maupun berkelompok, menggunakan biaya masing-masing untuk membeli mesin pompa dan bensin untuk menjalankan mesin yang hanya mampu menarik air sejauh 400 meter. 

    "Untuk mendapatkan air bersih, warga Desa Wanagiri harus naik turun gunung dengan kemiringan 80 derajat hanya untuk mendapatkan air dari mesin pompa. Dengan jarak tempuh cukup jauh dan medan yang berat, mereka harus mengambil air bersih ini tidak hanya untuk kebutuhan rumah tangga saja," jelas Nyoman.

    Air Danau Buyan sendiri digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti minum, mandi dan memasak, serta untuk kebutuhan pertanian dan peternakan. Karena itu, tak jarang warga Desa Wanagiri kadang terpaksa merogoh kocek untuk membeli air galon setiap hari dengan harga sekitar Rp12.000 demi memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

    Kondisi yang sama juga terjadi di Desa Rendang di Kabupaten Karangasem, Desa Penglumbaran di Kabupaten Bangli, Desa Tampaksiring di Kabupaten Gianyar serta Desa Tembeling di Kabupaten Klungkung yang juga belum memiliki akses air bersih. 

    Halaman Selanjutnya
      Desa-desa tersebut memiliki…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id