Mitigasi Bencana, Warga Pidie Sekolah Lapang Gempa Bumi

    Antara - 26 Oktober 2021 20:00 WIB
    Mitigasi Bencana, Warga Pidie Sekolah Lapang Gempa Bumi
    Wakil Bupati Pidie, Fadlullah TM Daud, meletakan tanda jalur evakuasi di persimpangan jalan Mesjid Istiqamah, Desa Blang Paseh, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Selasa, 26 Oktober 2021. ANTARA/HO-Humas Kabupaten Pidie



    Banda Aceh: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Aceh Besar, Provinsi Aceh, mengedukasi masyarakat lewat sekolah lapang gempa bumi di Kabupaten Pidie.

    "Mitigasi bencana sangat penting untuk terus dilaksanakan guna membangun kesadaran bencana dalam diri masyarakat," kata Wakil Bupati Pidie, Fadlullah, di sela pelaksanaan Sekolah Lapang BMKG di Sigli, Selasa, 26 Oktober 2021.

     



    Baca: Tragis, Bocah SMP di Alor Tewas Dipukuli Guru Karena Tidak Mengerjakan Tugas

    Dia menjelaskan mitigasi bencana dilaksanakan untuk membuat masyarakat lebih sadar akan bencana yang akan terjadi, karena ketika terjadi suatu bencana yang dapat menyelamatkan warga adalah mereka yang berhadapan langsung dengan bencana.

    Ada beberapa hal yang harus disadari masyarakat Pidie yaitu, seluruh pesisir pantai Provinsi Aceh merupakan daerah yang rawan tsunami, Kota Sigli juga merupakan daerah yang memiliki potensi tsunami yang bersumber dari penunjaman lempeng di Samudera Hindia.

    "Pemerintah dan masyarakat Kota Sigli perlu membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi gempa dan tsunami," jelas Fadlullah.

    Deputi Bidang Geofisika, Muhammad Sadly, mengatakan sekolah lapang gempa bumi sudah dirintis sejak tahun 2015.

    Ia berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pidie untuk melaksanakan latihan evakuasi di lingkungan perkantoran maupun sekolah.

     

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id