Pemprov Jateng Terima Rp4,7 Triliun untuk PPKM Level 4

    Mustholih - 21 Juli 2021 16:44 WIB
    Pemprov Jateng Terima Rp4,7 Triliun untuk PPKM Level 4
    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Dok. Humas Pemprov Jateng)



    Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) menerima alokasi dana senilai Rp4,7 triliun dari pemerintah pusat. Dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) itu diberikan sebagai bantuan bagi warga Jateng yang terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4.

    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan dana itu dipecah menjadi Rp2,4 triliun untuk bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa, bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan bantuan beras bagi 7,6 juta kepala keluarga. Sementara, sebanyak Rp2,2 triliun digunakan untuk bantuan produktif bagi 2,8 juta pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). 

     



    "Bantuan produktif usaha mikro sudah terealisasi sebesar 1,1 juta UKM dengan target 2,8 juta. Masing-masing Rp1,2 juta," kata Ganjar, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 21 Juli 2021.

    Selain itu, ada juga Kartu Prakerja untuk 350 ribu orang sudah terealisasi pada 194.718 orang

    Ganjar mengungkapkan pihaknya sebenarnya juga sudah menyiapkan dana senilai Rp418,8 miliar bagi warga Jateng. Dana ini diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Jateng. 

    "Anggaran-anggaran itu sudah disiapkan tahun ini. Jadi ini yang mesti digas untuk disalurkan pada masyarakat," Ganjar menegaskan.

    Menurutnya, bantuan dari Pemprov akan digunakan sebagai sumbangan listrik bagi 15 ribu kepala keluarga serta rehabilitasi dan distribusi rumah korban bencana alokasi 327 unit. 

    "Dari ini saja, ada Rp12,8 miliar dan saya minta bisa ditambah," jelas Ganjar.

    Sementara, dana APBD Jateng senilai Rp381,8 miliar dibagikan bagi warga dalam bentuk program jambanisasi, alat bantu produksi, dan lain-lain. Ganjar menunjuk Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3AP2AKB), Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, dan Biro Kesra Jateng sebagai penyalur bantuan tersebut kepada warga Jateng.

    Baca: PPKM Level 4, Ganjar Minta Bansos Segera Disalurkan

    Pemprov Jateng juga berencana memberikan bantuan sosial Rp200 ribu bagi 133.555 kepala keluarga. Sasaran penerima bantuan itu antara lain pedagang, sopir, tukang ojek, dan biaya transporter.

    Selain itu, Pemprov Jateng turut menerima usulan pemberian bantuan sosial bagi 157.795 pelaku UKM, 5.708 petani, dan bantuan produk bahan baku industri bagi 3500 Industri Kecil dan Menengah (IKM). Sedangkan bantuan sembako akan diberikan kepada 12.586 pelaku pariwisata. 

    "Jadi kira-kira kita siapkan Rp143,5 miliar. Sudah ada hitungan detilnya seperti itu," terang Ganjar.

    (SYN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id