Cegah Virus Korona, Batam Anggarkan Rp4 Miliar

    Anwar Sadat Guna - 16 Maret 2020 21:50 WIB
    Cegah Virus Korona, Batam Anggarkan Rp4 Miliar
    Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam.
    Batam: Pemerintah Kota (Pemkot) Batam bergerak cepat untuk mencegah masuknya virus korona atau covid-19. Semua agenda di Batam akan ditunda dan anggaran untuk pencegahan sudah diperkirakan mencapai Rp3 hingga Rp4 miliar.

    "Sudah saatnya kita bergerak cepat mencegah masuknya virus korona di Batam. Semua stakeholders sudah sepakat bersama-sama bekerja, bahu membahu melakukan pencegahan," ungkap Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad usai rapat Gugus Tugas Covid-19 di Kantor Wali Kota Batam, Senin sore, 16 Maret 2020.

    Amsakar mengatakan, mulai hari ini selama 14 hari ke depan, masyarakat Batam diimbau untuk mengurangi aktivitas di tempat-tempat keramaian. 

    "Sebisa mungkin beraktivitas di lingkungan rumah. Ini sejalan dengan kebijakan Wali Kota Batam yang meliburkan siswa TK, SD, hingga SMP selama 14 hari ke depan," ungkap Amsakar.

    Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini menambahkan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisasi masyarakat Batam terpapar virus korona. "Alhamdulillah sampai saat ini belum ada warga Batam yang dinyatakan terpapar atau terjangkit covid-19," ungkapnya.

    Dalam mendukung upaya-upaya pencegahan penyebaran virus korona, Pemkot Batam akan menunda semua agenda dan kegiatan yang melibatkan banyak orang. 

    Agenda dan kegiatan tersebut, sambung Amsakar, di antaranya Musrembang Tingkat Kota Batam, MTQ Tingkat Kota Batam, Bazar Sembako, dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

    "Kegiatan-kegiatan ini kita tunda sebagai upaya kita untuk mencegah dan meminimalisasi masuknya dan beredarnya covid-19 di Batam," tambahnya. Selain itu, mulai besok, Pemkot Batam juga akan bergerak untuk membersihkan semua lokasi yang menjadi tempat kerumunan orang.

    "Di antaranya, pelabuhan, mal, fasilitas publik, bus-bus, dan lainnya. Kita akan menyemprot disinfektan," tambahnya. Untuk mendukung itu, Pemkot Batam membutuhkan anggaran.

    "Estimasi anggaran yang dibutuhkan berkisar Rp3 hingga 4 miliar. Kami sudah membahasanya dengan DPRD Batam dan mereka mendukung. Biaya ini berasal dari belanja tidak terduga Pemkot Batam," ungkapnya.

    Sedikitnya terdapat sekitar 50 hingga 60 titik lokasi yang akan dibersihkan dan disemprot disinfektan oleh tim Gugus Tugas Pemkot Batam untuk mencegah covid-19. Selain dari Pemkot Batam, Tim Gugus Tugas ini berasal dari unsur FKPD Batam, di antaranya Polresta Barelang, Imigrasi, Bea Cukai, dan lainnya.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id