Virus Korona Diharap Tak Berdampak Buruk ke Industri Mebel

    Rhobi Shani - 05 Februari 2020 20:01 WIB
    Virus Korona Diharap Tak Berdampak Buruk ke Industri Mebel
    Ilustrasi. Petugas PLN amankan listrik di lokasi observasi WNI dari Wuhan. Foto: dok PLN.
    Jepara: Merebaknya virus korona diharapkan membawa tak berdampak buruk terhadap industri mebel Jepara. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jepara, Andang Wahyu Triyanto, mengatakan pameran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) akan digelar di Jakarta pada Maret mendatang. Kemudian, pameran sejenis juga akan digelar Tiongkok.

    "Tapi pameran yang di Goangzhou tidak jadi karena adanya virus korona. Harapan kami yang di Jakarta akan lebih menguntungkan," kata Andang di Jepara, Rabu, 5 Februari 2020.

    Sampai saat ini dampak virus korona belum dirasakan secara langsung pelaku industri mebel di Jepara. Aktivitas ekspor mebel masih lancar. "Dampak korona belum kelihatan di mebel," jelas Andang.

    Senada disampaikan pengusaha mebel Jepara yang juga mantan Ketua Asosiasi Permebelan dan Industri Kerajinan Indonesia Kabupaten Jepara, Akhmad Fauzi. Ajang pameran IFEX diharapkan jadi tolak ukur industri mebel di dunia. Sebab, pameran furniture di Tiongkok urung digelar.

    "Pameran di Goangzhou itu jadi tolok ukur, dengan tidak jadi diselenggarakannya pameran itu harapanya IFEX bisa jadi tolok ukur," kata Fauzi. 

    Saat ini pangsa pasar mebel ke Tiongkok hanya 20 persen. Sejuah ini, munculnya virus korona belum menggoyang industri mebel Jepara. Hanya saja, sejumlah calon pembeli dari Tiongkok mengurungkan datang ke Jepara.

    "Orderan masih jalan, tapi ada satu dua buyer dari Tiongkok yang tidak jadi datang," pungkas Fauzi.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id