BPBD Solo Siaga Bencana 24 Jam

    Triawati Prihatsari - 26 Februari 2020 13:14 WIB
    BPBD Solo Siaga Bencana 24 Jam
    Pohon tumbang akibat hujan lebat disertai angin, menimpa halte bus, di Jalan Bhayangkara, Solo, Rabu 25 Februari 2020. Medcom.id/ Triawati Prihatsari
    Solo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo meningkatkan kewaspadaan pada musim hujan. Hujan yang terjadi sejak beberapa waktu di Solo kerap disertai angin yang mengakibatkan pohon tumbang dan berpotensi banjir.

    "Sekarang karena sudah sering hujan, patroli ditingkatkan selama 24 jam penuh. Kami memonitor dan bersiaga sewaktu-waktu terjadi banjir ataupun pohon tumbang," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Solo, Eko Prajudi, kepada Medcom.id, Rabu, 26 Februari 2020.

    Eko menjelaskan patroli 24 jam yang dilakukan ini menerapkan sistem shift pagi, siang, dan sore. BPBD Kota Solo juga memasang empat alat pendeteksi banjir di titik-titik rawan banjir di antaranya di Kali Brojo, Kali Jenes, Kali Anyar, dan Sungai Bengawan Solo.

    "EWS sudah dipasang, nantinya kalau titik muka air melebihi ambang normal bisa segera dilakukan tindakan. Personil kami juga full terjun ke masyarakat melalui patroli, maka masyarakat yang membutuhkan bantuan bisa langsung menghubungi kami," jelas Eko.

    BPBD Kota Solo juga memberi himbauan kepada warga untuk selalu waspada di musim penghujan saat ini. Karena intensitas hujan yang terjadi sering lebat dan disertai angin kencang. Tidak jarang menumbangkan pohon hingga membahayakan orang.

    Terakhir pohon tumbang menimpa halte Batik Solo Trans (BST) di Jalan Bhayangkara, pada Rabu, 25 Februari 2020 lalu. Meskipun tidak memakan korban jiwa, namun halte tersebut sempat digunakan berteduh para siswa sekolah.

    "Saat ini antisipasi lebih diperhatikan untuk pohon tumbang. Kami himbau kepada masyarakat untuk tidak berteduh di bawah pohon saat hujan dan angin. Kemudian bagi masyarakat yang mengetahui keberadaan pohon terlalu tinggi dan membahayakan, bisa menghubungi kami agar segera dilakukan pemotongan," tandas Eko.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id