Meningkat, 3 Ribu di PHK dan 20 Ribu Pekerja di Jatim Dirumahkan

    Amaluddin - 10 April 2020 16:22 WIB
    Meningkat, 3 Ribu di PHK dan 20 Ribu Pekerja di Jatim Dirumahkan
    ilustrasi Medcom.id
    Surabaya: Jumlah pekerja terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Jawa Timur terus bertambah. Dari sebelumnya 1.923 orang, bertambah menjadi 3.315 orang dari 29 perusahaan di Jatim.

    "Sampai hari ini jumlah PHK di Jatim sebanyak 3.315 orang," kata Wakil Gubernur Jatim, Emil Elistianto Dardak, di Surabaya, Jumat, 10 April 2020.

    Menurut Emil, ribuan pekerja terkena PHK itu dampak melemahnya kondisi ekonomi di tengah pandemi virus korona (covid-19). Emil mengatakan Pemprov melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) telah melaporkan ke pemerintah pusat. 

    "Laporan daerah ini memang diminta oleh Kementerian. Ini terkait soal bantuan yang akan diberikan oleh pemerintah," ujarnya.

    Selain PHK, Emil menyebut jumlah pekerja yang dirumahkan di wilayahnya juga terus meningkat, dari 16.086 menjadi 20.000 pekerja yang sudah di rumahkan. Emil memperkirakan angka itu terus bertambah, mengingat jumlah tenaga kerja di Jatim cukup tinggi. 

    "Angka tersebut memang sangat dinamis, sehingga bisa terus berubah," katanya.

    Selanjutnya jumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Jatim yang memilih pulang ke kampung halaman mencapai 1.633 orang. Mereka dipastikan tidak akan kembali ke negara tempat bekerja, karena khawatir terjangkit korona. 

    "Mereka (PMI) sudah kita data dan sementara tidak akan kembali ke tempat asal mereka bekerja," pungkas Emil.

    Hingga saat ini, lanjut Emil, Pemprov Jatim akan memutakhirkan data para pekerja yang terdampak di tengah wabah korona. Supaya para pekerja itu menjadi prioritas peserta program Pra Kerja dari pemerintah pusat, juga program jaring pengaman sosial (social safety net) Pemprov Jatim.

    "Kami akan tetap laporkan ke Kemenaker, supaya pegawai yang dirumahkan juga bisa menjadi peserta program pra kerja dan intensif," pungkas Emil.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id