PSBB di Kabupaten Malang Fokus di 14 Kecamatan

    Daviq Umar Al Faruq - 14 Mei 2020 15:09 WIB
    PSBB di Kabupaten Malang Fokus di 14 Kecamatan
    Bupati Malang, M Sanusi. (Foto: Medcom.id/Daviq Umar)
    Malang: Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur, memfokuskan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 14 dari 33 kecamatan. Ke-14 kecamatan itu masuk dalam zona merah penyebaran covid-19.

    "PSBB berlaku di semua kecamatan. Tapi yang intens itu yang zona merah. Yang zona hijau kita batasi supaya tidak jadi merah," ujar Bupati Malang, M Sanusi, Kamis, 14 Mei 2020.

    Ia memerinci, 14 kecamatan itu yakni, Kecamatan Lawang, Singosari, Pakis, Bululawang, Pujon, Ngantang, Ngajum, Pakisaji, Dau, Wajak, Karangploso, Kepanjen, Ampelgading, dan Pagelaran.

    Pihaknya mendukung penerapan PSBB di Malang Raya, yang meliputi wilayah Kota dan Kabupaten Malang, serta Kota Batu. PSBB di tiga daerah ini mulai aktif pada Minggu, 17 Mei 2020.

    "Kami sepakat. Masa sosialisasi tiga hari dihitung Kamis, Jumat, dan Sabtu, jadi Minggu sudah go. Sudah saya tanda tangan, dan disampaikan ke gubernur," imbuh Sanusi.

    Baca juga: Kuota Bansos Kemensos di Tangsel Lebih 14 Ribu

    Sanusi menjelaskan aturan PSBB sudah tertulis dalam Peraturan Bupati (Perbup) Malang. Salah satunya adalah penyekatan di kecamatan yang menjadi perbatasan Kabupaten Malang dengan daerah lain di luar Malang Raya.

    "Perbatasan itu sesuai dengan ketentuan, warga di luar Malang akan kita kembalikan. Tapi kalau ada warga Malang atau penduduk dengan KTP Malang yang mau pulang, kita berlakukan observasi dan rapid test, kalau reaktif, kita bawa ke rumah sakit," ungkapnya.

    Selain itu, dalam penerapan PSBB Malang Raya, juga terdapat aturan ganjil genap di pasar tradisional. Dalam aturan ini, pedagang dengan nomor lapak ganjil bergantian  jualan dengan pedagang dengan lapak nomor genap setiap harinya.

    "Pasar kita tetap berlakukan social distancing itu. Dan rencananya di pasar tradisional itu ada ganjil genap," ujarnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id