KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Maret 2020

    Djoko Sardjono - 12 Februari 2020 09:45 WIB
    KA Bandara Adi Soemarmo Beroperasi Maret 2020
    Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah. ANT/MOHAMMAD AYUDHA
    Klaten: Kementerian Perhubungan melakukan uji coba perjalanan kereta api (KA) bandara dari Stasiun Klaten ke Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS), pada Selasa, 11 Februari 2020. KA BIAS mulai beroperasi awal Maret 2020. 

    "Menurut rencana, pengoperasian KA BIAS akan diresmikan Presiden Joko Widodo, awal bulan depan," ujar Direktur Lalulintas dan Angkutan Kereta Api Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Danto Restyawan, Selasa, 11 Februari 2020, di Klaten, Jawa Tengah. 

    Dia menerangkan rute perjalanan KA BIAS sebelumnya hanya melayani rute Solobalapan-Bandara Adi Soemarmo. Kini diperpanjang, sehingga bisa melayani penumpang di Stasiun Kadipiro, Stasiun Balapan, dan Stasiun Purwosari. 

    Danto menambahkan uji coba rute Stasiun Klaten-Bandara Adi Soemarmo sepanjang 43 kilometer memakan waktu satu jam. Kereta dengan kapasitas sekitar 250 penumpang itu akan berhenti di setiap stasiun, antara lain Stasiun Purwosari, Stasiun Solobalapan, dan Stasiun Kadipiro.
     
    Danto menyebut ada kemungkinan jumlah armada KA Bandara ditambah untuk meminimalisasi waktu tunggu para penumpang. Rangkaian KA BIAS terdiri dari empat gerbong, dengan kapasitas penumpang tiap gerbong 70 orang. 

    "Pengoperasian KA BIAS, adalah untuk memudahkan masyarakat yang hendak melakukan perjalanan dari dan ke Bandara Internasional Adi Soemarmo," kata Danto. 





    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id