Herman Deru Resmikan Program Listrik Masuk Sawah di OKU Timur

    Gonti Hadi Wibowo - 29 November 2020 11:16 WIB
    Herman Deru Resmikan Program Listrik Masuk Sawah di OKU Timur
    Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan listrik masuk sawah di Kabupaten OKU Timur, Sabtu 28 November 2020. Foto: Dokumentasi
    OKU Timur: Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru meresmikan listrik masuk sawah yang ditandai dengan penyambungan kabel listrik ke pompa air persawahan yang dipusatkan di Kelurahan Veteran Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur, Sabtu, 28 November 2020.

    Hadirnya program listrik untuk pompa air sawah atau listrik masuk sawah tersebut diyakini dapat lebih meningkatkan produktifitas pertanian di Kabupaten OKU Timur. Bahkan ke depan akan diterapkan juga di sentra-sentra tanaman pangan di Kabupaten/kota di Sumsel.

    "Tentu kami apresiasi upaya ini. Apalagi pertanian memang menjadi prioritas kita dan persawahan di daerah ini sangat produktif. Ini juga membuktikan jika semangat petani terus tumbuh meski di masa pandemi covid-19. Upaya ini bisa mengangkat potensi pertanian yang ada," kata Herman Deru.

    Menurutnya, listrik masuk sawah tersebut merupakan jawaban atas kebutuhan para petani. Sebelumnya, pengairan sawah tadah hujan di OKU Timur hanya mengandalkan mesin konvensional dengan biaya cukup tinggi sedangkan waktu tanam sangat terbatas; satu kali dalam setahun. 

    Baca juga: Komunitas Biara Kkottongaen di Manggarai Barat Terpapar Covid-19

    Adanya listrik masuk sawah ke depan sawah-sawah tadah hujan diyakini akan lebih produktif dari satu kali panen menjadi tiga kali panen dalam setahun.

    "Dengan pompa ini tentu menghemat biaya dan meningkatkan produksi pangan kita. Selama ini dengan pengairan dengan mesin konvensional produksi padi hanya satu kali setahun. Namun dengan pompa listrik ini, produksi padi akan jauh meningkat," terang dia.

    Herman Deru mendukung penuh program listrik masuk sawah tersebut. Bahkan, pihaknya langsung menginstruksikan Dinas Pertanian Sumsel untuk membantu penyediaan sumur untuk pompa listrik pengairan sawah tersebut.
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id