Seluruh RSUD di Aceh Punya Ruang Khusus Pasien Covid-19

    Fajri Fatmawati - 22 Oktober 2020 13:55 WIB
    Seluruh RSUD di Aceh Punya Ruang Khusus Pasien Covid-19
    Ilustrasi--Fasilitas kesehatan di RS Darurat Korona Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)
    Banda Aceh: Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Provinsi Aceh menyatakan semua rumah sakit umum daerah (RSUD) di wilayah itu telah memiliki ruang khusus untuk merawat pasien positif terinfeksi covid-19.

    Juru bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kapasitas kesehatan di tengah pandemi covid-19.

    “Alhamdulillah, semua RSUD di Aceh sudah memiliki tempat tidur bagi pasien covid-19 yang harus diisolasi di rumah sakit,” kata Saifullah, Kamis, 22 Okktober 2020.

    Saifullah menjelaskan, 26 RSUD di seluruh Aceh sudah memiliki fasilitas perawatan/isolasi penderita covid-19 dengan kapasitas tempat tidur yang bervariasi. 

    Baca juga: Penerapan Protokol Kesehatan di Nias Diklaim Meningkat

    "Secara umum, kini sudah tersedia 58 tempat tidur ICU (Intensive Care Unit), dan 668 tempat tidur isolasi di seluruh Aceh," ujarnya. 

    Kendati demikian, Saifullah tetap mengingatkan bahwa meskipun diberikan kenyamanan dengan tempat tidur memadai, ia meminta masyarakat menghindari penularan virus korona. Salah satunya patuh menjalankan protokol kesehatan selama pandemi covid-19. 

    “Tidur beralaskan tikar di rumah tetap jauh lebih nyaman dan aman daripada di atas tempat tidur beralas kasur rumah sakit,” jelasnya.

    Sementara itu, jumlah akumulatif kasus covid-19 terhitung sejak 27 Maret 2020, di Aceh mencapai 6.844 orang. Penderita yang dirawat saat ini 1.567 orang, sembuh 5.037 orang, dan 240 orang meninggal.

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id