Tiga Penambang di Muara Enim Ditetapkan Tersangka

    Gonti Hadi Wibowo - 22 Oktober 2020 22:51 WIB
    Tiga Penambang di Muara Enim Ditetapkan Tersangka
    ilustrasi Medcom.id
    Muara Enim: Polres Muara Enim menetapkan tiga tersangka kasus tewasnya 11 orang dari kejadian tambang batubara ilegal longsor di Desa Tanjung Lalang, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Sumatra Selatan. Ketiga tersangka itu merupakan penambang yang berhasil selamat dari kejadian maut tersebut.

    "Tiga orang yang selamat itu ditetapkan sebagai tersangka tambang ilegal yang dikenakan Pasal 158 Undang-Undang RI Nomor 3 tahun 2020 Tentang Pertambangan dan Batu bara Jo pasal 55 KUHP dengan ancaman lama lima tahun penjara dan denda Rp100 miliar," kata Kapolres Muara Enim, AKBP Doni Eka Syaputra, saat dikonfirmasi, Kamis, 22 Oktober 2020.

    Baca: Tambang di Muara Enim Longsor, 11 Orang Tewas

    Doni mengatakan ketiga penambang yang ditetapkan tersangka yakni Bambang,38, warga Desa Sumber Agung, Kecamatan Kepoh Baru, Kabupaten Bojonegoro, Mahmud,26, warga Desa Batu Menyan, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung Selatan. Ketiga Dadang,56, Warga Pengalengan Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung Selatan.

    Doni menjelaskan insiden bermula ketiga orang tersangka bersama 11 orang lainnya melakukan kegiatan penambangan secara ilegal pada 21 Oktober 2020 pukul 12.30 WIB.

    Saat itu 13 penambang melakukan pengalian untuk membuat jalan di lokasi penambangan batu bara. Sedangkan satu orang lainnya berada di luar galian. Tiba-tiba pada pukul 13.00 WIB tanah di tebing setinggi sembilan meter longsor dan menimpa 11 orang pekerja.

    "Dua orang pekerja yang berada di dalam galian itu selamat dan berteriak meminta tolong. Petugas bersama masyarakat melakukan evakuasi hampir selama tiga jam," jelasnya.

    Pihaknya bersama Polsek Tanjung Agung, Satreskrim Polres Muara Enim dan Krimsus Polda Sumsel langsung melakukan Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memerika ketiga penambang yang selamat dari kejadian tersebut.

    "Penetapan tiga tersangka dan akan terus kita kembangkan termasuk pemilik lahan dan semuanya yang terlibat," ujarnya.

    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id