Pemudik Solo Tanpa SIKM Wajib Tes Antigen

    Triawati Prihatsari - 28 April 2021 14:47 WIB
    Pemudik Solo Tanpa SIKM Wajib Tes Antigen
    Ilustrasi. (Foto: Istimewa)



    Solo: Pemudik nekat tujuan Kota Solo, Jawa Tengah, yang tidak dapat menunjukkan surat izin keluar masuk (SIKM) wajib dites swab antigen. Langkah tersebut merupakan upaya skrining terhadap pemudik nekat di pintu masuk Kota Solo. 

    "Pos skrining di Kota Solo sudah siap siaga menerapkan pengelolaan aturan larangan mudik tahun ini. Sekarang kita berada di tahap monitoring perjalanan biasa, mulai 22 April hingga 5 Mei 2021," urai Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol Istiono, di Solo, Rabu, 28 April 2021.






    Kakorlantas Mabes Polri melakukan pengecekan di pos skrining di kawasan Faroka, Solo. Ia menekankan, setiap pergerakan lalu lintas yang masuk ke Solo wajib dikelola dengan maksimal. 

    Sementara itu, Kapolresta Solo, Kombes Ade Safri Simanjuntak, mengungkapkan wilayahnya menjadi salah satu tujuan mudik. Sehingga perlakuan yang harus diterapkan pada pemudik nekat yang terjaring dalam proses skrining harus diterapkan dengan tepat. 

    Baca juga: Jelang Larangan Mudik, Jumlah Penumpang di Bandara Makassar Naik

    "Harus diidentifikasi apakah mereka pemudik nekat atau tidak. Hasil skrining didalami, jika mereka tidak dilengkapi SIKM, akan masuk pos skrining untuk swab antigen. Kalau non reaktif, bisa kembali beraktivitas. Kalau reaktif dan bergejala, langsung dirujuk ke RS dan yang tanpa gejala masuk ke Asrama Haji Donohudan," paparnya.

    Aturan ituberlaku hanya pada 22 April hingga 5 Mei 2021. Sedangkan mulai 6-17 Mei, baik pemudik nekat yang menunjukkan hasil swab nonreaktif wajib karantina di Solo Techno Park (STP) selama lima hari.

    "Kemudian nanti 18-24 Mei, perlakuannya sama dengan 22 April-5 Mei 2021. Jika mereka lolos dari pos skrining ini, kita maksimalkan peran petugas Jogo Tonggo," bebernya.

    Ia menambahkan pos pengamanan lebaran yang difungsikan sebagai pos skrining di Kota Solo sendiri didirikan di lima titik. Yaitu di pintu masuk di Kota Solo yaitu di Tugu Makutho, Pos Faroka, kawasan Jurug, kawasan Banyuanyar dan kawasan Palang Joglo. 

    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id