Harga Daging Ayam dan Bawang Merah Mulai Naik di Bandung

    Roni Kurniawan - 04 Mei 2021 14:12 WIB
    Harga Daging Ayam dan Bawang Merah Mulai Naik di Bandung
    Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Ke metrologi Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa. Medcom.id/Roni K



    Bandung: Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung mencatat ada kenaikan harga komoditas daging ayam dan bawang merah menjelang hari raya Idulfitri 1442 Hijriah. Hal itu terjadi karena permintaan masyarakat yang cukup tinggi di pekan ketiga Ramadan.

    Kepala Bidang (Kabid) Distribusi dan Perdagangan Pengawasan Ke metrologi Disdagin Kota Bandung, Meiwan Kartiwa, mengatakan harga daging ayam saat ini menyentuh Rp40 ribu per kilogram. Padahal, harga daging ayam sebelumnya paling tinggi Rp36 ribu.






    "Kalau bawang merah ada kenaikan dari Rp30 ribu, kini menjadi Rp36 ribu," ujar Meiwan di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Bandung, Jawa Barat, Selasa, 4 April 2021.

    Menurut Meiwan, harga daging ayam di Bandung bertadasarkan batas jual dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) terpantau sebesar Rp35 per kilogram. Sementara bawang merah Rp32 ribu per kilogramnya.

    Baca: Polda Metro Usulkan Tempat Wisata Ditutup Selama Libur Lebaran

    "Kita terus melakukan monitoring ke setiap pasar termasuk pasar modern atau istilahnya supermarket. Itu untuk memastikan harga tidak terlalu naik, karena kalau sekarang masih ada diambang batas kewajaran," sahutnya.

    Sementara itu, Meiwan mengaku belum ada rencana untuk melakukan operasi pasar murah terutama untuk komoditas daging ayam dan bawang merah. Operasi pasar murah akan dilakukan jika harga dua komoditas itu kembali mengalami kenaikan serta ketersediaan yang berkurang.

    "Pasar murah itu opsi terakhir, kita masih terus melakukan monitoring," ungkapnya.

    (LDS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id