Kasus Covid-19 di NTT Nihil untuk Pertama Kali

    Antara - 12 Oktober 2020 11:05 WIB
    Kasus Covid-19 di NTT Nihil untuk Pertama Kali
    ilustrasi Medcom.id
    Jakarta: Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur (NTT) melaporkan tidak ada kasus baru virus korona sepanjang Minggu, 11 Oktober 2020. Laporan nihil ini merupakan pertama kali sepanjang Oktober 2020.

    "Hari ini tidak ada kasus baru, pasien sembuh tambah satu menjadi 353 orang atau tingkat kesembuhan 62,4 persen," kata Kadis Kesehatan NTT, Messe Ataupah, Senin, 12 Oktober 2020.

    Baca: Pemkab Gunungkidul Intensifkan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan

    Dia meminta masyarakat tidak lengah meski penyebaran covid-19 menurun. Kewaspadaan menerapkan protokol kesehatan harus tetap ketat dengan memakai masker dan menjaga jarak di ruang publik, serta rajin mencuci tangan di air mengalir.

    Pasien covid-19 yang masih dirawat di 17 kabupaten/ kota NTT sebanyak 205 orang. Kondisi mereka stabil. Delapan pasien yang paling lama dirawat selama 39 hari serta 2 kasus dirawat 38 hari sedang menunggu hasil tes usap PCR sebelum diizinkan pulang ke rumah.

    Jumlah pasien sembuh di berbagai daerah terus meningkat. Pasien sembuh dari covid-19 di Sumatra Selatan sudah 5.035 orang dari 6.667 kasus selama periode 23 Maret hingga 9 Oktober 2020.

    "Meski tingkat kesembuhan tinggi, covid-19 dapat dikatakan belum terkendali karena indikator yang paling penting ialah penambahan kasus baru," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri.

    Ia mengungkapkan masih terdapat 1.272 kasus dalam penanganan per 9 Oktober dan paling banyak di Kota Palembang dan Lubuklinggau. Sementara itu, untuk kasus kematian tercatat 370 (5,54 persen). Angka kematian tinggi karena pasien dibawa ke rumah sakit sering sudah dalam kondisi berat.

    "Kami imbau masyarakat Sumsel agar segera datang ke tempat fasilitas kesehatan jika mendapati gejala covid-19 sekalipun tidak ada riwayat kontak dengan kasus," ujarnya.

    (DEN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id