Puluhan Pengungsi Wamena Tiba di Tanjung Perak

    Kautsar Widya Prabowo - 07 Oktober 2019 01:10 WIB
    Puluhan Pengungsi Wamena Tiba di Tanjung Perak
    KM Ciremai mengangkut puluhan pengungsi asal Wamena tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Minggu, 6 Oktober 2019 malam. Foto: Antara/ Hanif Nashrullah
    Surabaya: Puluhan pengungsi dari Wamena, Papua tiba di Pelabuhan Tanjuk Perak, Surabaya dengan menumpang Kapal Motor (KM) Ciremai. 

    Jumlah pengungsi yang terdata sebanyak 62 jiwa. Para pengunggi terdiri dari dua anak-anak serta seorang bayi dan selebihnya orang dewasa.

    Para pengungsi tersebut hingga Minggu malam ditangani petugas di Terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung, Perak Surabaya. Salah satunya seorang pengusi Eli Fadilah mengatakan sudah lima hari berada di atas KM Ciremai.

    "Pascakerusuhan di Wamena kami dievakuasi menggunakan pesawat Hercules, sebelum akhirnya dibawa menuju ke Surabaya menggunakan KM Ciremai," ujarnya seperti dilansir dari Antara, Senin, 7 Oktober 2019.

    Puluhan pengungsi tersebut merupakan warga Jawa Timur yang mayoritas telah tinggal di Wamena selama lebih dari lima tahun. Dari total pengungsi, 30 orang di antaranya berasal dari Kabupaten Nganjuk, serta masing-masing lainnya berasal dari berbagai kabupaten atau kota di wilayah Jawa Timur.    

    Namun sayangnya tidak tampak terlihat Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Pemerintah Provinsi Jawa Timur, selaku otoritas yang memimpin sektor penanganan pengusi asal Wamena. Hanya ada pihak dari Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang enggan untuk diwawancarai. 




    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id