BJ Habibie Inspirasi Kelahiran Sekolah Unggulan di Kemenag

    Ahmad Mustaqim - 12 September 2019 15:08 WIB
    BJ Habibie Inspirasi Kelahiran Sekolah Unggulan di Kemenag
    Menteri Agama Lukman Hakim saat menghadiri acara launching Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) dan Kampung Zakat Waqaf di Kantor Bupati Bantul, Kamis 12 September 2019.
    Bantul: Almarhum Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie memiliki andil besar di mata Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Peran Habibie dianggap luar biasa bagi negara.

    Menteri Lukman mengatakan, Habibie berkontribusi besar bagi pendidikan di bawah naungan Kemenang. 
    "Secara khusus, kontribusi pak Habibie bagi Kemenag tidak pernah akan dilupakan," kata Lukman di sela acara launching Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah) dan Kampung Zakat Waqaf di Kantor Bupati Bantul, Kamis 12 September 2019.

    Lukman mengungkapkan, kontribusi Habibie dalam pendidikan di Kemenag yakni dengan berdirinya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC). Habibie merupakan salah satu inspirator lahirnya MAN IC di Indonesia.

    "Beliaulah (BJ Habibie) yang pertama kali menginisiasi lahirnya Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia. Jadi MAN IC itu adalah karena pak Habibie, dan sekarang keberadaan MAN IC itu sudah begitu banyak yang tersebar di Nusantara ini," ucapnya.

    Ada sebanyak 20 MAN IC di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari Aceh hingga Sorong, Papua. MAN IC ini lahir lewat SK Menteri Agama RI, Nomor 490 Tahun 2001.

    MAN IC ini lahir dengan diawali BPPT mendirikan Magnet School yang kemudian berubah menjadi SMU Insan Cendekia di Serpong dan di Gorontalo melalui program penyetaraan IPTEK  Science and Technology Equity Program (STEP) bagi sekolah-sekolah yang berada di lingkungan pondok pesantren. Habibie merupakan sosok sentral lahirnya sekolah itu. 

    Hingga saat ini, sambung Lukman, MAN IC menjadi salah satu sekolah unggulan dan memiliki kualitas. "Jadi itulah salah satu kontribusi pak Habibie bagi Kemenag," ujar Menteri Lukman.

    BJ Habibie wafat di usia 83 tahun. Pria kelahiran Parepare ini mengembuskan napas terakhir pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.



    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id