Nenek di Brebes Histeris saat Hendak Ditilang

    Kuntoro Tayubi - 24 Oktober 2019 20:10 WIB
    Nenek di Brebes Histeris saat Hendak Ditilang
    Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
    Brebes: Seorang nenek berinisial W menangis histeris saat motor yang ditumpanginya akan ditilang polisi karena melanggar lalu lintas di Jalan Ahmad Yani, Brebes, Jawa Tengah, Kamis, 24 Oktober 2019. Anak yang mengendarai motornya tersebut juga kedapatan tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan menunggak pajak kendaraan lebih dari tiga tahun.

    Sang Nenek yang diperkirakan berusia 75 tahun tersebut tidak mau membayar pajak meskipun ada petugas Samsat Brebes yang langsung meminta membayar pajak.

    Kasi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Samsat Brebes, Tiara Riskalia mengatakan pelanggar tersebut menunggak pajak sejak 2016. Pihaknya bersama Polres Brebes pun membantu pelanggar tersebut untuk membayar pajak dengan ke kantor Samsat.

    "Kami bantu untuk membayar pajak di kantor Samsat dengan diantar petugas kami. Tapi pelanggar itu tidak bersedia. Nenek yang dibonceng anaknya itu malah menangis histeris," kata Tiara di sela tugas.

    Karena STNK belum disahkan beberapa tahun dan pengemudi tidak memiliki SIM, maka petugas menyita sepeda motor sebagai barang bukti.

    "STNK mati dan SIM juga tidak punya. Sehingga yang disitu motornya sebagai barang bukti. Karena ibunya tidak mau motornya disita polisi, makanya kita bantu untuk pembayaran pajak kendaraannya," lanjut Tiara.

    Nenek yang diketahui merupakan warga Desa Kaligangsa Wetan, Brebes ini sempat membanting surat tilang dan menggebrak meja petugas Samsat yang tengah melakukan pencetakan STNK. Nenek itu bahkan tak segan-segan memarahi petugas dan meminta sepeda motornya segera dikembalikan.  

    "Kita mau bantu, kita antar bayarkan pajaknya, biar nanti STNK nya bisa ditukar dengan barang bukti sepeda motonya," jelas Tiara.

    Sementara Kanit Regident Ipda Ibnu Setiadi saat ditemui dilolasi mengatakan nenek tersebut menangis dan histeris diduga karena belum tahu prosedur penilangan. Jika STNK mati dan pengendara tidak memiliki SIM, maka sepeda motor harus disita. Karena pelanggaran yang dilakukan tidak hanya satu, maka petugas menyita sepeda motornya.

    "Mekanisme dan prosedur penilangan bagaimana, bisa kita bantu. Kita tadi juga sudah sampaikan ke keluarganya. Karena belum dibayarkan pajak kendaraannya lebih dari tiga tahun. Selain itu pengendara juga tidak memiliki SIM," kata Ibnu.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id