Pariwisata di Jateng Tak Terpengaruh Virus Korona

    Mustholih - 05 Februari 2020 13:36 WIB
    Pariwisata di Jateng Tak Terpengaruh Virus Korona
    Wisatawan mengunjungi objek wisata Gedung Djoeang 45 di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (18/1/2020). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
    Semarang: Industri pariwisata di Provinsi Jawa Tengah diklaim tidak tepengaruh dengan wabah virus korona. Industri pariwisata di Jateng hingga beberapa bulan ke depan masih didominasi kunjungan wisatawan nusantara dibanding asing.

    "Catatan kita, merebaknya virus korona dari Tiongkok terjadi saat bidang pariwisata di Jateng belum memasuki masa liburan wisatawan asing," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jawa Tengah, Sinung Nugroho Rahmayadi, di Semarang, Rabu, 5 Februari 2020.

    Sinung menjelaskan Jawa Tengah mulai ramai dikunjungi wisatawan asing mulai Agustus hingga Desember. Sementara awal hingga akhir pertengahan tahun, kunjungan didominasi wisatawan lokal.

    "Pada masa low season itu, kunjungan dari luar negeri biasanya bersifat seminar, rapat, atau bisnis. Bukan konteks liburan," jelas Sinung.

    Meski begitu Sinung mengatakan Provinsi Jawa Tengah berharap Pemerintah Tiongkok bisa segera menangani wabah virus korona agar tidak menyebar ke negara lain.

    Sinung kembali mengatakan kunjungan wisatawan asing pada 2019 mencapai 691 ribu orang. Jumlah ini meningkat 2,1 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 677 ribu orang.
    Sinung menargetkan pada 2020 jumlah kunjungan wisatawan asing ke Jateng mencapai 850 ribu orang.

    Sementara ini warga Tiongkok menduduki peringkat ke tujuh jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jateng. "Rangking pertama dari Prancis dan rangking kedua dari Belanda. Disusul Malaysia, Thailand, Singapura, dan lain-lain," pungkas Sinung.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id