Warga Semarang Cek Virus Korona Gratis di RSJ Amino Semarang

    Mustholih - 19 Maret 2020 20:49 WIB
    Warga Semarang Cek Virus Korona Gratis di RSJ Amino Semarang
    ILustrasi warga Semarang melakukan pemeriksaan tes virus korona covid-19 di Rumah Sakit Jiwa Daerah Amino Gondohutomo, Kamis, 19 Maret 2020. Dokumentasi/ Humas Pemprov Jateng
    Semarang: Rumah Sakit Jiwa Daerah Amino Gondohutomo, Semarang, membuka pemeriksaan kesehatan untuk warga terkait virus korona covid-19 secara gratis. Warga Semarang merespon program pemeriksaan gratis itu dengan datang berduyun-duyun ke posko siaga virus korona di RSJD Amino Gondohutomo.

    "Dari data yang dicatat, hari pertama buka posko, ada 25 warga yang memeriksaan kesehatan mereka. Hari kedua 53 orang, hari ketiga 125 orang, dan hari keempat sekitar 137 orang. Jadi respons masyarakat bagus," kata Direktur Utama RSJD Amino Gondohutomo, Alex Jusran, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 19 Maret 2020.

    Alex menjelaskan RSJD Amino Gondohutomo membuka program pemeriksaan gratis ini sejak Senin, 16 Maret 2020. Dia mempersilakan warga yang mengeluhkan demam, batuk, sesak napas, suhu tubuh tinggi, dan memiliki riwayat perjalanan dari daerah pandemi korona untuk memeriksaan kesehatan mereka ke RS Amino.

    Namun, kata Alex, RSJ Amino hanya sebatas melakukan screening kesehatan warga. Apabila ditemukan warga yang dicurigai terpapar virus korona, RSJ Amino segera merujuknya ke rumah sakit rujukan.

    "Di Kota Semarang, ada tiga rumah sakit rujukan. RSUD Tugurejo, RSUP Dokter Kariadi dan RSUD K.R.M.T. Wongsonegoro. Bila kami menemukan ada seseorang yang gejalanya mengarah ke sana akan dibawa ke salah satu rumah sakit itu. Akan kita bawa dengan ambulans yang dilengkapi APD," jelas Alex.

    Alex mengatakan pemeriksaan gratis ini dibuka setiap Senin-kamis, pukul 09.00-12.00 WIB. Sedangkan Jumat dibuka pada pukul 09.00-11.00 WIB. "Kami akan terus membuka posko hingga batas waktu yang belum ditentukan atau sampai wabah ini diputuskan selesai," ungkap Alex.

    Seorang warga yang ikut pemeriksaan gratis di RSJD Amino, Nurani Yuliati, 39, mengaku memeriksakan kesehatannya karena habis melakukan perjalanan dari Bali. "Demi kesehatan bersama, saya lakukan saja. Saya habis dari Bali," ujar Nurani.

    Nurani menilai program pemeriksaan gratis atas virus korona sangat bagus bagi masyarakat. Sebab, masyarakt bisa menngontrol kesehatan mereka. "Masyarakat yang tadinya ketakutan atau panik, leganya hati. Bisa menjalani kontrol kesehatan walaupun screening awal," jelas Nurani.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id