Ratusan Personel Polisi Siap Bantu Sterilisasi Fasum

    Mustholih - 18 Maret 2020 12:43 WIB
    Ratusan Personel Polisi Siap Bantu Sterilisasi Fasum
    Dua personel Brimob Polda Jateng melakukan simulasi sterilisasi virus korona covid-19. (Foto: Medcom.id/Mustholih)
    Semarang: Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyiagakan seratusan personel guna melakukan sterilisasi fasilitas-fasilitas publik.

    "Apabila nanti tenaga kita dibutuhkan, kita sudah siap," kata Kepala Biro Operasional Polda Jawa Tengah, Kombes Rachmat Widodo, di Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 18 Maret 2020.

    Rachmat mengatakan sebanyak 132 personel Polda Jateng telah diberikan pelatihan sterilisasi. Mereka nantinya akan dibekali pakaian dekontamiasi (hazmat).

    "Pelatihan bertujuan sebagai bekal sebelum memberikan bantuan kepada instansi untuk penyemprotan disinfektan di tempat-tempat keramaian seperti terminal, pasar, tempat ibadah, bioskop, dan lain-lain," kata Rahmat.

    Rachmat menegaskan pasukan sterilisasi Polda Jateng siap bergerak kapanpun dibutuhkan. "Pelaksanaan di lapangan nanti kita sinergi dengan Dinas Kesehatan dan BPBD Jateng," beber dia.

    Baca juga: Penerapan Social Distancing Dinilai Perlu Melibatkan TNI-Polri

    Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah, Sudaryanto, menetapkan empat wilayah prioritas untuk didisinfeksi.

    "Solo, Magelang, Semarang, dan Purwokerto, sudah ada peralatannya. Yang lain nanti juga prioritas," ungkap Sudaryanto.

    Sudaryanto menambahkan sejauh in Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, belum memberikan perintah tentang kegiatan strerilisasi ruang publik. Namun pihaknya siap bila sewaktu-waktu diminta untuk melakukan sterilisasi.

    "Menunggu petunjuk Pak Gubrnur. Karena kan penyemprotan ini harus beli (cairan) disinfektan. Tapi kalau ada percepatan, nanti segera kita lakukan," jelasnya.

    Dalam melakukan upaya sterilisasi, Sudaryanto meminta BPBD Kabupaten atau Kota di Jateng masing-masing mengirimkan sepuluh personel. "Kita sedang menghitung berapa biaya untuk melakukan kegiatan ini," pungkas dia.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id