Sumenep Patok Satu Tahun Entaskan Desa Tertinggal

    Rahmatullah - 28 Februari 2020 21:02 WIB
    Sumenep Patok Satu Tahun Entaskan Desa Tertinggal
    Ilustrasi: Medcom.id
    Sumenep: Pemerintah Kabupaten Sumenep menargetkan satu tahun dalam mengentaskan desa tertinggal di wilayahnya. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Sumenep bakal menyesuaikan dengan target Pemprov Jatim.

    “Saya optimistis tuntas dalam dalam satu tahun bisa mengubah desa tertinggal menjadi berkembang. Tahun lalu desa tertinggal berjumlah sekitar 180-an. Sekarang tinggal 100, itu pun bukan sangat tertinggal,” kata Kepala Dinas DPMD Sumenep, Moh Ramli, Jumat, 28 Februari 2020.

    Salah satu yang disebut tertinggal yaitu Desa Montorna, Kecamatan Pasongsongan. Ia berharap rencana yang disiapkan berjalan sesuai harapan, sehingga target mengubah desa tertinggal menjadi berkembang tercapai.

    Ramli mengakui sejumlah persoalan menjadi penyebab tersematnya status desa tertinggal itu, antara lain kelemahan ekonomi. Oleh sebab itu, Ramli bakal mendorong BUMDes berjalan optimal. Bila BUMDes dikelola dengan baik, Ramli yakin neraca pundi PADes bisa naik. 

    Selain itu, Ramli bakal mendorong pemanfaatan Dana Desa (DD) maksimal dalam bentuk padat karya yang melibatkan masyarakat misikin. Dengan demikian, pendapatan masyarakat bisa bertambah, sehingga upaya pemerataan ekonomi maksimal.

    “Harus didukung dengan program lain, seperti teknologi tepat guna. Intinya kami ingin menyesuaikan dengan keinginan Pemprov Jatim dalam mengupayakan pembangunan,” ungkap Mantan Kepala Dinas Sosial Sumenep itu. 




    (ALB)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id