Dinsos Sumsel Gelontorkan Rp300 Juta Bantu Penanganan Bencana

    Gonti Hadi Wibowo - 26 Februari 2020 13:12 WIB
    Dinsos Sumsel Gelontorkan Rp300 Juta Bantu Penanganan Bencana
    Gubernur Sumsel Herman Deru saat memberikan bantuan logistik kepada korban banjir bandang beberapa waktu lalu. (Foto: Medcom.id/Gonti Hadi Wibowo)
    Palembang: Dinas Sosial Sumatra Selatan menganggarkan dana bantuan khusus bencana sebesar Rp300 juta. Dana itu digunakan untuk pemulihan korban bencana.

    Plt Kepala Dinas Sosial Sumsel, Mirwansyah, mengatakan bantuan anggaran bagian dari respons pemerintah daerah terhadap berbagai bencana. Tak hanya untuk korban kebakaran, namun juga banjir, kebakaran hutan dan lahan, hingga tanah longsor.

    “Penggunaan dana bisa untuk membuat dapur darurat saat warga mengungsi sehingga mereka bisa makan dan menjalani proses penanganan hingga masa bencana berakhir," kata Mirwansyah, Rabu, 26 Februari 2020.

    Baca juga: Pemkab Bogor Libatkan Warga Bangun Huntap Korban Longsor

    Pemprov Sumsel juga menyiapkan bantuan pangan berupa beras bagi korban bencana. Beras tersedia di gudang Bulog dan bisa langsung didistribusikan saat pemerintah menyatakan status tanggap darurat bencana.

    “Beras akan didistribusikan kepada korban selama menjalani masa pemulihan," ujarnya. 

    Selain itu, pihaknya juga mengaktifkan lagi Markas Komando (Mako) Tagana untuk mempermudah pemetaan dampak bencana di suatu daerah.

    “Pasukan Tagana sebanyak 1.100 personel tersebar di seluruh wilayah di Sumsel sehingga jika ada bencana mereka langsung bergerak ke lokasi,” jelasnya.

    Baca juga: Pekalongan Akan Revitalisasi Sungai Antisipasi Banjir

    Sementara itu, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Ansori, menambahkan, sebanyak 38 kejadian bencana banjir dan banjir bandang terjadi pada 2019. Termasuk peristiwa tanah longsor sebanyak 13 kali. 

    “Dampak kejadian banjir, merendam sebanyak 1675,5 hektare sawah, 10.434 unit rumah, 35 unit sekolah serta delapan unit fasilitas umum. Seperto, Kantor Urusan Agama (KUA), puskesmas, musala, polindes, pasar, dan kantor camat,” pungkasnya.



    (MEL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id